KARTINI – Setelah tertunda akibat Covid-19, akhirnya Universitas Kuningan dan Universitas Widyatama (Utama), pada Kamis (18/6/2020), menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) secara virtual yang dilanjut dengan acara Webinar Nasional “Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi”.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Widyatama, Djoko S. Roespinoedji, SE., PG., Dip., mengatakan, kerjasama antara UTama dan Uniku digelar sebagai upaya untuk mengembangkan daya saing perguruan tinggi sekaligus menguatkan citra dan mutu perguruan tinggi.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Universitas Widyatama dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi atau kerjasama antar perguruan tinggi yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan daya saing perguruan tinggi sekaligus menguatkan citra dan mutu perguruan tinggi hingga semakin dikenal dan dipercaya oleh masyarakat dan juga dapat bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya.

Djoko mengungkapan, UTama menduduki peringkat yang cukup strategis diantara perguruan tinggi di Indonesia. UTama  menduduki peringkat 95 dari 4.682 perguruan tinggi di Indonesia versi Kemenristekdikti. UTama juga berada diperingkat ke-6 se-Jawa Barat versi unirank dan telah menerbitkan 661 artikel dengan jumlah dosen 273 orang dalam jurnal terindeks Scopus sejak Oktober 2018.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan, Dr. H. Dikdik Harjadi, S.E., M.Si., dalam sambutannya mengatakan, kerja sama antara Utama dengan Uniku sudah direncanakan sejak lama.

“Sebetulnya, kerja sama antara Uniku dan UTama sudah direncanakan sejak lama, tetapi tertunda akibat adanya Pandemi Covid-19. Tetapi, Alhamdulillah, walaupun dilakukan secara virtual, kegiatan ini tetap bisa terlaksana dengan lancar,” ujarnya.

Rektor Dikdik juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada UTama yang sudah berkenan untuk bekerjasama dengan Uniku.

“Yang pertama ingin saya sampaikan tentu ucapan terima kasih kepada UTama yang sudah berkenan untuk menerima kerjasama ini. Kita tahu bahwa UTama adalah salah satu universitas besar yang ada di Jawa Barat dan tentu memiliki pengalaman yang sudah cukup mumpuni untuk menjadi sebuah universitas yang berkualitas,” ungkapnya.

Kerjasama merupakan salah satu upaya yang dilakukan Uniku untuk bisa berdiri sejajar dengan perguruan tinggi lain. “Nah, kata kuncinya adalah tentu harus lebih keras untuk belajar. Belajar ini dapat dilakukan salah satunya yaitu melalui kerja sama dengan berbagai pihak,” paparnya.

Diakhir sambutannya, Rektor berharap kerja sama ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada. Juga menjadi gerbang awal untuk menjalin kerjasama diberbagai bidang, khususnya dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…