HARI itu, pelataran parkir Curug Cilengkrang sedikit riuh dengan aktifitas beberapa orang yang sedang membabat rumput. Memenuhi janji pada alam dan seorang sahabat sebuah petualangan menarik dimulai. Curug Cilengkrang terletak di desa Pajambon Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan Jawa Barat merupakan potensi wisata alam yang sangat menakjubkan. Tidak dinyana dibalik rimbun hutan belantara kita akan menyaksikan sebuah keindahan yang luar biasa.

Curug Cilengkrang bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun empat. Berjarak kurang lebih 30 menit dari kota Kuningan. Dilengkapi sarana parkir yang luas dan aman. Sedangkan untuk tiba dilokasi curugnya sendiri harus dilakukan dengan berjalan kaki kurang lebih 30 menit dengan medan yang menantang namun dimanjakan oleh kesegaran udara serta hijaunya pandangan. Terdapat 3 posko peristirahatan sebelum tiba dilokasi curug juga terdapat sarana ibadah dan toilet yang layak di tiap-tiap posko peristirahatan. Untuk akomodasi sahabat tidak perlu risau karena selama perjalanan ada beberapa warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman untuk perbekalan selama perjalanan.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat Pajambon, Curug Cilengkarang memiliki beberapa lokasi menarik yaitu Curug Sabuk, Curug Sawer yang tingginya kurang lebih 75 meter namun sayang sejak 5 tahun lebih curug Sawer tidak lagi bisa dilihat keindahannya karena airnya dialokasikan untuk PDAM. Curug yang masih bisa dinikmati keindahannya yaitu Curug Sabuk dengan ketinggian 20 meter, air jernih menimpa bebatuan besar dibawahnya, dan jika beruntung anda bisa melihat pelangi diantaranya.

Tak jauh dari curug terdapat 2 kolam pemandian air panas serta sebuah pancuran air dingin yang konon katanya air yang berasal dari Curug Cilengkrang ini memiliki khasiat untuk penyembuhan penyakit. Terbukti dihari-hari tertentu kita bisa bertemu dengan orang-orang yang datang secara rombongan dan dipimpin oleh seorang tabib dengan tujuan mandi di Air terjun Curug Cilengkrang serta Pancurannya untuk menghilangkan berbagai gangguan penyakit. Terutama penyakit yang diakibatkan oleh non-medis.

Jangan Lupa Bawa Alat Mandi

Selain pesona Curug dengan Air terjun yang mempesona kita juga disuguhi barisan pohon kopi yang dikenal sebagai Kopi Gede dan aneka satwa khas hutan tropis.  Sangat disayangkan jika setiap momen tidak diabadikan dalam gambar namun perlu diperhatikan untuk berhati-hati saat mengambil poto satwa-satwa liar yang terdapat disana agar tidak merasa teusik. Serta tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak merusak pepohonan yang ada.  Curug Cilengkrang juga merupakan tempat yang menarik untuk mereka yang suka berkemah. Dibuka sejak pukul 6.00 wib hingga pukul 16.00 wib.

Buat sahabat yang ingin berwisata ke Curug Cilengkrang ada beberapa hal yang perlu di persiapkan diantaranya : pakailah pakaian yang hangat mengingat suhu disana sangat dingin dipagi hari dan sore hari,  baju ganti yang cukup jika berniat mandi dan berendam di air panas, kotak P3K (Pertolongan Pertema Pada Kecelakaan).

Membawa perlengkapan mandi yang memadai, jangan lupa kamera untuk menyimpan setiap kenangan disana, dan buat sahabat yang ingin berkemah bawalah perlengkapan berkemah termasuk tenda dan peralatan memasak. Dan satu hal terpenting yang harus dipatuhi jagalah kebersihan jangan membuang sampah sembarangan.

Ayo kapan lagi sahabat menikmati sebuah petualangan seru dan temukan sebuah kejutan menakjubkan dibalik lebatnya Lembah Cilengkrang. Menikmati keindahan alam salah satu cara kita menemukan rasa syukur yang luar biasa atas setiap keindahan yang diberikan Sang Pencipta untuk selalu kita rawat dan kita jaga kelestariannya.

Nah keluarga Indonesia siapkan energimu 2 km jarak yang ditempuh untuk tiba disebuah tempat dengan pesona bak bidadari bercadar merah diantar liuk beningnya air terjun Curug Cilengkrang dan hangatnya pemandian air panas sehangat geliat pesona Curug Cilengkrang. (vera) **

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…