KARTINI – Kementrian PUPR akan segera membantu Kabupaten Kuningan membangun tempat relokasi perumahan swadaya bagi masyarakat terdampak bencana alam (longsor dan banjir), dan saat ini Kuningan sendiri telah mempersiapkan lokasi Land Clearing-nya.

“Saya ingin memastikan bahwa data yang masuk sudah sesuai dengan fakta dilapangan dan ingin melihat langsung tempat relokasi yang ada di Kab.Kuningan,” ujar Kasubdit Fasilitasi Pendataan dan Verifikasi Direktorat Perumahan Swadaya Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Rubiyo, saat melihat lokasi Land Clearing di Desa Pinara Kecamatan Ciniru, Sabtu (13/06/2020), bersama Bupati Kuningan H. Acep Purnama.

Kadis PUTR, H.M Ridwan Setiawan, menjelaskan, untuk membuat hunian tetap bagi korban bencana yang sudah memenuhi syarat akan dibantu di bangun lagi seperti yang di Cipakem, Cimara dan tempat-tempat yang lain. “Jadi dalam tahun ini akan segera dibangun perumahan khusus. Program ini dibantu oleh kementrian PUPR melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Pembangunan Baru (BSPSPB),” ujarnya.

Sedangkan lokasi yang dikunjungi sebagai tempat relokasi tersebut, diantaranya, Desa Kaduagung Kec. Karangkancana dimana lokasi tersebut menjadi tempat relokasi bagi warga masyarakat dari Desa Margacina. Lalu Desa Rambatan untuk meninjau terkait pematangan lahan land clearing termasuk fasilitas jalan yang sudah terbangun.

“Untuk pemindahan warga masyarakat yang berasal dari Desa Pinara ada sebanyak 90 rumah yang akan kita bangun, dan ini sama programnya adalah perumahan khusus. Saya ucapkan termakasih kepada Bapak Mentri PUPR, Pak Basuki Hadimuljono atas kebijakan nya meringankan beban warga masyarakat Kabupaten Kuningan yang terkena dampak bencana, yang selama ini mereka menempati perumahan sementara huntara (hunian sementara) yang sudah hampir 2 tahun,” papar Bupati Acep.

Desa lainnya yang akan menjadi temat relokasi warga bencana dan masyarakat sudah siap membantu pembangunannya, diantaranya, Desa Cipakem, Margacina, dan Desa Rambatan. Kepala desa sudah menyatakan siap dan warganya pun mau menerima kehadiran pemukiman-pemukiman baru. (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…