KARTINI – Semua peraturan dan hukum yang ada di Indonesia termasuk hukum yang baru wajib diketahui oleh seluruh petugas penegak hukum, terutama di jajaran kepolisian.

Demikian dikatakan Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, saat memberi materi dan latihan penegakan hukum, pada Selasa (9/6/2020), di Aula WSP Polres setempat. Dalam acara tersebut, Kapolres Lukman sangat menekankan implementasi dari Peraturan Kepala Kepolisian (Perkap) No. 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian.

Menurut Kabag Sumda Polres Kuningan Kompol Dodo Nurwenda, pelatihan itu diikuti puluhan anggota PolresKuningan di antaranya Para PJU Polres, Para Kapolsek, Para Perwira Sat Opsnal Polres, Para Kanit serta Kanit Shabara Polsek. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengingat kembali atas apa yang telah diberikan berupa peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas.

“Kita dituntut untuk lebih profesional dalam menegakkan hukum sehingga dapat meminimalisir kesalahan di dalam melaksanakan tugas. Maka dari itu, semua anggota Polres, terutama yang menjadi peserta bisa mengimplementasikan atas semua peraturan dan hukum yang ada,” ujar Dodo.

Ada tiga metode yang disampaikan dalam kegiatan tersebut yaitu, penyampaian materi dan latihan, tanya jawab dan penayangan vidio penanganan pelaku kejahatan dari berbagai negara. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

80 Persen Kematian Akibat Serangan Jantung Ternyata Dapat Dihindari

KARTINI –  Jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya, a…