KARTINI – Warga yang masih usia produktif harus bisa melindungi, menjaga dan memperhatikan kesehatan fisik dan mental kelompok lanjut usia (lansia) terutama ditengah Pandemi Covid-19 saat ini, dikarenakan kelompok lansia lebih rentan terhadap paparan virus termasuk virus corona.

Demikian pesan yang disampaikan Isteri Dandim 0615 Kuningan, RA.Ervina Allice F., dalam memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang jatuh pada tanggal 29 Mei. Menurutnya, daya imun kelompok lansia jauh lebih rendah dibandingkan dengan imunitas kelompok usia muda, sehingga anggota keluarga harus benar-benar memperhatikan kesehatan orangtua.

“Bertepatan dengan Hari Lanjut Usia ini, Saya mengajak kepada anggota keluarga untuk bisa memperhatikan asupan nutrisi bagi orangtua kita maupun nenek atau kakek kita. Selain asupan nutrisi, kita yang muda harus bisa menolong dan memberi perhatian yang lebih kepada orangtua Kita,” ujar Ervina yang didampingi Koordinator Jaringan Gerakan Perempuan Lintas Agama (Jaga Pelita) Kuningan, Sri Rejeki.

Selain kesehatan fisik dengan asupan nutrisi dan gizi yang cukup, masih banyak faktor lainnya yang bisa meningkatkan daya imunitas Lansia, diantaranya adalah selalu memberikan semangat (suport) dalam menghadapi hidup terutama ketika Lansia tersebut merasa cemas dengan informasi seputar Covid-19. Hormati segala ucapan dan keputusan orangtua, dan berikan alasan yang tepat, logis dan tidak melukai hati mereka, ketika keputusan orangtua Kita itu tidak sejalan dengan apa yang sebenarnya.

Olahraga juga masih sangat dibutuhkan oleh Lansia, karena dengan berolahraga maka dipastikan daya tahan tubuh pun bisa meningkat dan dapat menangkal virus. “Coba ajak jalan-jalan di seputar lingkungan rumah, rutin berjemur dan apa salahnya juga ajak berkebun atau sekedar menanam bunga. Ini pasti akan memberikan energi positif,” papar Nyonya Dandim, Karter Joyi Lumi ini.

Untuk itu, memperhatikan segala kebutuhan orangtua adalah kesempatan Kita untuk bisa berbuat baik dan membalas budi atas semua jasa orangtua kepada anak-anaknya. Apalagi ketahanan lingkungan sampai negara berawal dari kebahagiaan dan ketahanan keluarga. “Saya ucapkan selamat Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 29 Mei. Mari kita sayangi orang tua kita dan warga lanjut usia lainnya, supaya mereka tetap bahagia menghadapi kehidupan ini,” pungkasnya. (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…