KARTINI – Imunitas tubuh kerap menjadi topik utama dalam melawan virus corona saat ini. Ketika imunitas tubuh kita kuat maka daya tahan tubuh bisa mematikan virus/kuman yang menyerang tubuh kita. Begitu juga sebaliknya, ketika daya tahan tubuh lemah, maka virus tersebut bisa mengalahkan tubuh kita.

Sahabat kartini, ternyata banyak cara lo untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat itu. Tidak sekedar vitamin c yang bisa mendongkrak daya imun, ternyata pikiran positif, pikiran bahagia dan berbagi kebahagiaan bersama pasangan kita (suami/isteri) bisa meningkatkan imunitas tubuh kita, dan pastinya virus pun akan malu sendiri berada di tubuh kita.

Berdasarkan sumber Bunga Rampai Covid-19 tentang Buku Kesehatan Mandiri Untuk Sahabat #dirumahaja, ada beberapa tips dalam mengelola hubungan dengan pasangan. Tips tersebut diantaranya :

  • Saling Memahami

Bahwa khawatir dan cemas dalam situasi saat ini adalah reaksi yang wajar. Tidak perlu marah atau menyalahkan diri ataupun pasangan. Terima perasaan tersebut dan kelola menjadi hal-hal yang positif.

  • Saling Bercerita dan Mendengarkan

Salah satu cara mengelola emosi negatif dengan mengeluarkannya melalui berbagai cerita. Saat satu bercerita, yang lain perlu mendengarkan. Dengarkan secara empatik dan berikan respon positif. Contoh ‘iya wajar kamu khawatir, kamu kan sesekali harus ke kantor’ atau ‘pasti kamu capek ya seharian nemenin anak-anak di rumah?’. Jangan terburu-buru menyodorkan solusi apalagi menasehati.

  • Saling Mencerdaskan

Saling berbagai informasi yang akurat dan mengkritisi info yang berpotensi hoaxs, agar mengurangi rasa cemas.

  • Saling Terbuka

Komunikasikan pada pasangan tentang harapan, rencana dan target, termasuk saat WFH. Sampaikan memang harus punya waktu fokus kerja, juga diskusikan terkait pembagian waktu untuk mendapingi anak.

  • Bersama Tingkatkan Spiritual

Ibadah bersama seperti shalat berjamaah, saling menyimak tilawah dan hafalan Al-Qur’an. Jangan lupa untuk saling mendoakan.

  • Saling tularkan kebahagiaan

Sempatkan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan berdua atau bersama anggota keluarga yang lain. Jika memungkinkan, dapat olahraga bareng atau main games bersama, atau sekedar berbagi cerita lucu.

Menjaga komuniats positif dengan pasangan sangat penting untuk dilaksanakan. Apalagi di situasi seperti ini, agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Menjaga pikiran tetap positif dan bahagia akan menjaga daya imun tubuh kita, ayo saling support !! ‘ . (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…