KARTINI – Jaringan Gerakan Perempuan Lintas Agama (Jaga Pelita) Kabupaten Kuningan, memberikan masker dan snack kepada anak dengan HIV/AIDS melalui Warga Peduli AIDS (WPA), pada Senin (4/5/2020).

Salah seorang pengurus Jaga Pelita, Sri Rejeki, mengatakan, hal tersebut dilakukan atas kepedulian terhadap sesama, khususnya kepada anak-anak yang penderita HIV dan AIDS. “Seperti moto kami adalah peduli terhadap sesama,”ungkapnya.

Ditambahkan Intan, donatur di Jaga Pelita, dipilihnya anak penderita HIV/AIDS disebabkan rasa kekhawatiran terhadap imunitas mereka. “Karena mereka kan tidak seperti kita orang biasa, mereka memiliki penyakit bawaan dan anak tersebut harus diberi perhatian khusus agar imunitasnya tetap terjaga, jangan sampai mereka drop secara psikis dan kesehatannya, nanti bisa drop,” ujar Intan.

Anak Tertular Dari Ibunya

Ketua Warga Peduli Aids, Annie Zhue pun berterimakasih atas perhatian yang diberikan oleh Jaga Pelita, ia tak menyangka ada donatur yang peduli kepada anak-anak penderita AIDA dan HIV
saat masa pandemi Corona. “Saat pandemi Corona seperti ini, beberapa anak penderita HIV/AIDS diam di rumah, mengikuti standar protokoler kesehatan. Namun beberapa minggu yang lalu saat pandemi corona, anak asuh kami meninggal, ia anak tingkat SMA,” paparnya.

Dituturkan Annie, anak asuhnya rata-rata tertular dari sang ibu, dan mereka tidak tahu bahwa mereka tertular virus HIV/AIDS “Iya kami sangat menjaga betul dan memperlakukan mereka sama seperti kami, bahkan ada anak asuh kami baru tahu bahwa ia penderita HIV/AIDS saat menjelang ajal,” ujarnya.

Dijelaskan Annie, orang dapat tertular virus HIV dari seseorang yang sudah terinfeksi, walaupun orang itu tidak kelihatan sakit, bahkan dengan hasil tes HIV yang tidak positif. Darah, cairan vagina, air mani dan air susu ibu seseorang yang terinfeksi HIV mengandung virus yang cukup untuk menularkan orang lain.

Sedangkan sebagian besar orang tertular HIV melalui hubungan seks dengan orang yang terinfeksi HIV, penggunaan jarum suntik bergantian dengan orang yang terinfeksi HIV, kelahiran oleh ibu yang terinfeksi, atau disusui oleh perempuan yang terinfeksi HIV. (dien) ***

Facebook Comments

Check Also

80 Persen Kematian Akibat Serangan Jantung Ternyata Dapat Dihindari

KARTINI –  Jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya, a…