KARTINI – Perempuan yang satu ini memang sangat aktif, seperti yang tidak mengenal lelah. Kapanpun, kemanapun dan dimanapun akan selalu ‘siap’. Termasuk saat genting oleh serangan si Covid-19, perempuan asal Desa Cipondok Kabupaten Kuningan ini berusaha menyempatkan diri melakukan kegiatan sosial dari terdampak Covid.

“Saya hanya ingin berusaha bisa berguna bagi orang lain, tidak sekedar untuk diri sendiri dan keluarga saja. Disetiap kesempatan, jika Saya bisa melakukannya, dan masih sehat, Insya Alloh akan Saya lakukan,” ujar Titin Suhartini, S.Pd., MM., saat berbincang dengan kartinikuningan.net.

Latarbelakngnya memang selalu bersama murid sejak tenaga Sukwan di TK Islam Dewi Sartika Kadugede tahun 1991, lalu guru SDN Cipondok dan akhirnya pada tahun 2019, Titin dipercaya sebagai Kepala Sekolah SDN 1 Babatan Kecamatan Kadugede. Akan tetapi, ia tidak sekedar menjadi guru, perempuan yang hobinya traveling ini ternyata aktif di 8 organisasi. Waah, gimana mengatur waktunya ya ?

“Kewajiban utama Saya ya, harus stenbay di sekolah, sedangkan organisasi itu kan tidak setiap hari stey dan kumpul. Yang penting jika Kita bisa mengatur waktu antara kewajiban utama dengan berorganisasi termasuk dengan keluarga, Insya Alloh semuanya bisa dijalani,” kata Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Kuningan ini.

Selain Fatayat NU, ibu dari dua putra tersebut aktif juga sebagai pengurus Fatayat NU Jawa Barat Bidang Pendidikan dan Organisasi, lalu ia juga sebagai Sekretaris Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kuningan, Satker KORPRI Kuningan Bidang Pemberdayaan Perempuan, Wakil Ketua 2 Karang Taruna Kabupaten Kuningan. Kebayang kan Sahabat Kartini?, bagaimana sibuknya mengatur waktu, dan sepertinya tidak ada waktu untuk memanjakan diri di rumah ya?

“Memanjakan dirinya itu ya dengan berorganisasi, bisa mengabdi di organisasi, berkumpul bersama mereka, berkumpul bersama orang-orang hebat itu sudah menjadi obat bagi Saya. Tentunya kalau dengan keluarga tetap nomor satu dong, Saya selalu menyempatkan waktu bersama keluarga setiap hari. Apalagi sekarang dengan adanya anjuran #Cicingdiimah#, Saya benar-benar memanfaatkannya bersama keluarga,” ujar Pengurus Perempuan Wirausaha (PERWIRA) ini.

Momen #Cicingdiimah# harus diambil hikmahnya, meskipun memang bagi yang biasa hunting dan bersosial dengan masyarakat akan terasa boring, seperti yang dirasakan Ketua Pokja 1 PKK Kecamatan Kadugede ini. Sehingga bersosial dengan mengunjungi warga yang terdampak Covid-19 kerap Titin lakukan, baik bersama organisasi maupun dengan kalangan lainnya.

Berbicara situasi Covid-19 ini, Titin yang juga sebagai Anggota BPD Desa Cipondok mengajak kepada warga supaya tetap semangat menghadapi hidup dan cobaan wabah ini. Jangan panik dan tetap waspada, manfaatkan waktu #Cicingdiimah# sebagai quality time bersama keluarga.

“Selalu menjaga kebersihan, dan Kita sebagai Muslim harus banyak istighfar, sholawat dan selalu menjaga wudlu untuk sholat yang lima waktu. Insya Alloh dengan menjaga wudlu dan sholat, Kita akan terhindar dari segala macam virus, termasuk Virus Corona sekarang ini,”  pintanya diakhir perbincangan. (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…