KARTINI – Saat ini Corona sedang menjadi sosok yang meghebohkan dunia, menggemparkan jagat dan berhasil membuat panik manusia. Semua topik dan tema kenegaraan, termasuk isu politik habis dilibas oleh dahsyatnya wabah corona virus disease (Covid-19). Lalu, apa si sebenarnya virus corona itu?

Kartini mencoba menyajikan tulisan bersambung tentang apa itu corona, bagaimana pencegahannya, bagaimana menjaga kesehatan tubuh hingga panduan pengobatan saat isolasi mandiri. Bagian satu akan disajikan seputar pengertian corona.

CoronaVirus Disease 2019 atau Covid-19 adalah penyakit baru yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pernafasan dan radang paru. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Savere Acute Respirotary Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Gejala klinis yang muncul beragam, seperti gejala flu biasa (demam, batuk, filek, nyeri tenggorokan, nyeri otot, nyeri kepala) sampai yang komplikasi berat (pneumonia atau sepsis).

Bagaimana Cara Nularnya?

  • Lewat droplet/percikan saat batuk,bersin dan berbicara
  • Kontak fisik dengan orang terinfeksi (menyentuh atau jabat tangan)
  • Menyentuh mulut, hidung dan mata dengan tangan yang terpapar virus

Kapan Harus Waspada? (ayo kenali gajalanya)

  • Gejala Ringan dan Sedang

Demam (sama dengan atau > 38 C) atau ada riwayat demam, pada kasus tertentu tidak ada demam

  • Gejala Berat

Gejala ringan ditambah keluhan sesak nafas (frekuensi nafas >24x/menit) dan pneumonia berdasarkan gambaran radiologis

  • Gagal Ginjal

Gejala tersebut disertai riwayat sebagai berikut :

  1. Melakukan perjalanan ke negara/daerah yang terkonfirmasi adanya transmisi lokal Covid-19 pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.
  2. Kontak dengan orang yang memiliki riwayat perjalanan pada 14 hari terakhir ke negara-negara/daerah yang terkonfirmasi adanya transmisi lokal Covid-19
  3. Kontak erat dengan orang-orang berasal dari negara/daerah yang terkonfirmasi adanya transmisi lokal Covid-19
  4. Bekerja atau mengunjungi fasilitas kesehatan yang berhubungan dengan pasien yang terkonfirmasi Covid-19
  5. Riwayat kontak erat (minimal 15 menit dengan jarak kurang dari 2 meter) dengan pasien terkonfirmasi Covid-19

Gimana Pencegahannya ?

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik. Jangan menyentuh hidung, mulut dan mata sebelum cuci tangan!. Gunakan cairan pembersih tangan (minimal 7-% alkohol) hanya bila sabun dan air mengalir tidak tersedia.
  2. Terapkan etika batuk ketika batuk. (ketika batuk gunakan masker, tutup hidung dan mulut dengan tangan/tisu, segera buang tisu yang sudah dipakai ke tampt sampah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir).

3. Melakukan Physical Distancing

  • Apa Itu Physical Distancing? Menjaga jarak antar manusia dan menghindari titik keramaian
  • Kenapa harus physical distancing ?, Covid menyebar dengan cepat. Orang dapat terinfeksi tanpa gejala apapun, namun tetap dapat menyebarkannya ke orang lain. Jika kita tidak melakukan upaya pencegahan dengan menghindari keramaian, jumlah orang terinfeksi akan meledak dan fasilitas layanan kesehatan akan kewalahan menangani.

Physical Distancing akan mengurangi laju penularan agar pasien terinfeksi dapat ditangani hingga sembuh

  • Physical Distnacing itu ngapain aja ? #dirumahaja.

Berdiam diri di rumah, jika tidak untuk kepentingan yang sangat mendesak, usahakan tidak keluar rumah. Jika terpaksa sekali ke luar rumah, hindari tempat keramaian, beri jarak dengan orang lain.

Sekolah diliburkan, kebanyakan tempat kerja sudah memberlakukan work from home. Maka bijaksanalah, jangan malah jalan-jalan, jangan mudik/pulang kampung, jangan mengadakan acara berkumpul seperti reuni, arisan, dll.

Saudara-saudara kita yang bekerja di fasilitas kesehatan sedang berjuang di garda terdepan, mari hormati usaha mereka dengan mematuhi setiap himbauan, #dirumahaja dan melakukan hal produktif lainnya!

Bersambung ke edisi dua “Tips Menjaga Kesehatan Lingkungan”

Sumber : Bunga Rampai Covid-19 : Buku Kesehatan Mandiri Untuk Sahabat #dirumahaja

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…