KARTINI – Dampak wabah Covid-19 yang memangkas mata rantai perekonomian masyarakat harus disikapi kepedulian sosial dari pihak-pihak yang tidak terdampak, termasuk keseriusan pemerintah dalam memberikan solusi yang tepat.


Aksi kepedulian sosial saat ini sudah mulai bermunculan, termasuk sikap yang diambil DPRD Kuningan dengan memberikan 4ribu bingkisan, 10ribu masker dan hand sinitizer, kepada masyarakat Kuningan yang terkena dampak. Bingkisan sembako tersebt mulai didisrribusikan pada Selasa, (30/3/2020), oleh masing-masing anggota.


Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy mengungkapkan, pembagian 4ribu paket sembako dan 10ribu masker, juga sejumlah hand sanitizer ini merupakan bentuk kepedulian Anggota DPRD kepada warga Kuningan ditengah pandemi Covid-19.

“Dengan adanya maklumat Kapolri dan pemerintah agar warga di rumah saja untuk menghindari penyebaran virus Covid-19, ini bisa berdampak bagi warga yang pendapatannya pas-pasan. Apalagi dengan diterapkannya kondisi siaga penyebaran Corona dan adanya kebijakan Karantina Wilayah Parsial (KWP) oleh pemerintah daerah, menyebabkan sebagian masyarakat tidak bebas melakukan aktifitas di luar rumah sehingga bisa memunculkan warga miskin baru akibat tidak bisa bekerja mencari nafkah di luar rumah,” ungkap Nuzul.

Dikatakan Nuzul, dari 4ribu bingkisan tersebut seorang anggota dewan mendapat jatah 80 paket untuk dibagikan pada konstituen di daerah.  “Adapun sumber anggaran yang dipergunakan untuk pengadaan paket sembako tersebut, adalah bersumber dari anggaran reses Anggota DPRD yang sedianya akan dilaksanakan pada pekan ini,” katanya.

Ditambahka  Nuzul, dalam agenda kegiatan DPRD, dalam minggu ini ada kegiatan reses,  karena tidak diperkenankan adanya perkumpulan massa,  maka bentuk reses itu diubah menjadi sistem home visit.  Para Anggota DPRD menyambangi satu persatu rumah warga. Selain untuk menyampaikan bantuan,  juga untuk mengedukasi mereka agar tetap tenang dan melakukan hal-hal yang dianggap bisa menghindari penyebaran Covid-19.

Menurutnya, jika kondisi pandemi Corona ini masih berlangsung, maka pihaknya berjanji masih akan melanjutkan hal bantuan yang sama dari sumber anggaran lainnya yang masih bisa dialokasikan.

“Bulan depan insya Alloh ada pemotongan gaji anggota Dewan Kuningan untuk disumbangkan kepada warga Kuninga. Mudah-mudahan pandemi Corona ini segera selesai. Sehingga kita semua bisa beraktifitas seperti biasanya,” tambahnya. (kh) ***

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…