KARTINI – Ikatan Dokter Indonesa (IDI) Kabupaten Kuningan menghimbau kepada warga Kuningan yang baru datang dari perantauan untuk segera melapor kepada aparat dan jangan keluar rumah, apalagi sampai jalan-jalan berkerumun, usahakan untuk melakukan isolasi mandiri (self isolated).

“Saya ucapkan selamat datang di Kuningan, ada tiga pesan yang disampaikan. Pertama Akang Teteh yang baru datang dari Jakarta atau tempat perantauan lainnya segera melapor ke aparat setempat. Kedua kalau ada keluhan demam batuk segera konsultasi ke Puskesmas terdekat,” himbau Ketua IDI Kuningan, dr.Asep Hermana, kepada kartinikuningan.net, Senin (23/3/2020).

Dr.Asep juga menghimbau untuk tidak kangen-kangenan dengan udara sejuk Kuningan, berkeliling ke objek-objek wisata maupun menjajal kuliner yang tentu sangat dikangenin oleh orang asli Kuningan, setelah sekian lama di perantuan dan merindukan masakan khas ’Kota Kuda’.

“Pesan yang ketiga, Akang Teteh pami nyaah ka masyarakat Kuningan, omat ulah seueuer jalan-jalan, tos cicing bae di rompok, kumargi 85 persen virus ieu menyerang tanpa gejala. Sakali duei hapunten cicing heula wae di bumi, ayeuna mah (Akang, Teteh jika merasa kasian kepada masyarakat Kuningan, sangat diharapkan jangan keluar rumah untuk jalan-jalan, sudah, diam saja di rumah, sebab 85 persen virus menyerang tanpa dengan gejala apapun. Sekali lagi, dengan penuh harap untuk saat ini berdiam diri di rumah saja),” paparnya.

Ditambahkan dokter lainnya, dr.Deki Saefullah, ia menghimbau kepada masyarakat supaya tetap tenang, tidak panik tapi waspada. Ketika ada keluhan demam, batuk jangan berbondong-bondong ke rumah sakit, tapi datang ke petugas kesehatan terdekat. Khusus kepada perantau yang baru datang, diharap kesadarannya untuk melapor ke aparat desa.  

“Ketika merasa demam batuk filek, jangan langsung datang dan berbondong-bondong ke rumah sakit, tapi segera berobat ke Puskesmas terdekat. Nanti dikelola oleh tim survilent, tim ini yang akan memantau warganya apakah dirujuk atau tidaknya ke rumah sakit. Karena di rumah sakit itu banyak sekali pasien, jangan sampai yang tadinya tidak apa-apa, malah terjadi apa-apa, itu yang sangat tidak diinginkan,” pinta dr.Deki. (kh)

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…