KARTINI – Keinginan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap (DPMPTSP) Kuningan untuk membangun Mal Pelayanan Publik (MLP) rupanya akan segera terwujud, karena Bupati Kuningan H. Acep Purnama bersama 47 kepala daerah kabupaten/kota se-Indonesia  telah menandatangani komitmen di kantor Kemenpan RB, Selasa (10/3).

Penandatanganan Komitmen Pembangunan MLP tahun 2020 tersebut disaksikan langsung  Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo didampingi Deputi bidang pelayanan publik Kementerian PAN RB, Diah Natalisa. Turut hadir, Direktur Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, para pejabat Kementerian PANRB, serta 48 pimpinan daerah yang ikut menandatangani komitmen ini.

Dalam sambutannya, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mendorong para pemerintah daerah untuk dapat mengoptimalkan pelayanan publik dan perizinan dengan cepat dan terbuka. Selain itu MPP juga harus mengintegrasikan layanan di pusat dan daerah sehingga dapat menjadi solusi terhadap stigma bahwa pelayanan pemerintah lama, berbelit, dan tidak transparan. Menurutnya, Pembangunan Mal Pelayanan Publik merupakan langkah strategis dalam perbaikan dan pelayanan publik.

“Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik itu merupakan sebuah pembaharuan, sekaligus langkah strategis dalam perbaikan dan pelayanan publik yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi,” tutur Tjahjo.

Pelayanan yang dimaksud, sambungnya, untuk masyarakat yang dioptimalkan yakni kemudahan dalam mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM), surat kelakuan baik, sertifikat tanah, pajak, paspor, akte kelahiran atau kematian, kemudian e-ktp, dan lain-lain.

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama menjelaskan bahwa nanti setiap kabupaten/kota akan dibangun tempat untuk memberikan pelayanan publik dalam rangka meningkatkan pelayanan pada masyarakat, mempermudah akses dan mempermudah sistem.

“Oleh karenanya saya mohon do’a restu agar rencana ini cepat terwujudkan di Kabupaten Kuningan, dimana ini merupakan sebuah konsep pemerintah hadir ditengah tengah masyarakat,” ucap Bupati Kuningan. (kh)

Facebook Comments

Check Also

Menu Hemat Saat Uang Belanja Nyaris Tamat

KARTINI – Tanggal tua biasanya memang isi dompet sudah mulai menipis, apalagi ditamb…