KARTINI – Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara merupakan daerah yang memiliki PAD kecil, namun mampu menjadikan masyarakatnya gemar membaca dan menggalakan diri sebagai Kabupaten Literasi. Bisakah diterapkan di Kuningan yang sejak lama memiliki cita-cita menjadi Kabupaten Literasi?.

“Saya rasa kalau ada keinginan yang kuat dari pemerintah, sinergitas antara pemerintah dengan masyarakatnya kuat, pasti bisa. Kabupaten Serdang Bedagai ini sama-sama memiliki PAD dan APBD yang kecil, sama dengan Kabupaten Kuningan. Tapi disana mampu menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakatnya,” papar salah seorang anggota dari Fraksi Partai Demokrat yang juga anggota Komisi IV, Reni Parlina, SE.,Sy., kepada kartinikuninngan.net., selepas melakukan kunjungan kerja ke Serdang Bedagai.

Dikatakan Reni, Kabupaten Serdang Bedagai telah menggalakan kabupaten literasi sejak tahun 2015. Kabupaten tersebut telah mendeklarasikan budaya membaca, sehingga pada tahun 2017 tepatnya tanggal 20 Maret berhasil meraih sebagai kabupaten litrasi terbaik tingkat nasional dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Maka dengan adanya kunjungan kerja ke Serdang Bedagai itu untuk mendapatkan informasi lebih mendalam tentang bagaimana mewujudkan sebagai kabupaten literasi, terkait dengan program-program yang telah dilaksanakan oleh Serdang Bedagai. “Untuk selanjutnya hasil kunker ini akan dijadikan sebagai bahan referensi dan rujukan dalam membuat program-program kedepan, agar Kuningan bisa menjadi Kabupaten Literasi,” ujarnya. Ditambahkan Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy, SE.,yang mendampingi kunker Komisi IV, kesadaran membaca dan pentingnya literasi terus dikampanyekan ke sekolah-sekolah, dan semua pihak bersiinergi. “Hasilnya kesadaran dan budaya bacanya, semakin hari semakin naik, karena memang didukung pula dengan fasilitas membacanya, ada dimana-mana,” tambahnya. (kh

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…