KARTINI – Jendral TNI (Purn) Agum Gumelar berharap Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Kuningan mendukung daerahnya sebagai daerah wisata yang berkembang dan sebagai objek turis, karena turis adalah sumber devisa.

“Bagaimana caranya supaya turis ini mau datang ke daerah wisata?, turis ini paling kerasan dan ingin kembali lagi ke tempat wisata, jika objek wisatanya bersih, nyaman dan aman. Ini harus diciptakan di daerah Kuningan, jika ingin banyak turis yang datang kesini. Tentu harus didukung pula oleh masyarakat untuk menarik turis mau datang kesini,” papar Agum selepas mendampingi Wakil Presiden ke 6, Jendral TNI (Purn) Try Sutrisno, meresmikan kawasan Wisma Pepabri Linggajati, beberapa hari lalu.

Indonesia sangat potensial dari sisi wisata, terutama wisata alamnya yang sangat eksotis dan ini menjadi penarik bagi turis. Akan tetapi, sangat tidak dimengerti oleh banyak pihak, terutama masyarakatnya jika turis ini potensi sebagai sumber devisa, baik dirasakan oleh masyarakatnya langsung maupun devisa bagi negara.

Untuk itu, melalui pembangunan kawasan Pepabri di daerah Linggajati Kabupaten Kuningan sebagai salah satu bentuk dukungan program Pemerintah Daerah Kuningan dalam upaya pengembangan sarana pariwisata daerah. Selain tentunya, Wisma Pepabri itu ditujukan sebagai sarana tempat peristirahatan para anggota Pepabri sambil menikmati pesona alam Ciremai.

Agum Gumelar yang juga sebagai Ketua Umum DPP Pepabri menjelaskan, Wisma Pepabri yang dibangun diatas lahan seluas 1.340 m2 tersebut dikerjakan dalam tiga tahap. Tahap pertama diselesaikan selama 8 bulan meliputi kolam ikan dan gazebo, tiga unit guest house, gedung pertemuan, store dan pos jaga. Sedangkan tahap kedua berupa asrama untuk 30 kamar tidur, resto dua lantai dan gedung pengelola.

Tahap penyelesaian, dikerjakan pula bangunan kolam renang dewasa, anak-anak, cafe dua lantai, ruang parkir dan landscaping. “Ini adalah peresmian hasil proses pembangunan sejak tanggal 30 Maret 2017, dan mudah-mudahan ini bisa ikut membantu wisata Kuningan, khususnya anggota Pepabri ketagihan ingin berkunjung ke Kuningan lagi,” tandasnya. (kh)

Facebook Comments

Check Also

Tentang Kemarin, Hari Ini dan Esok

BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna…