KARTINI – Hingga pendaftaran terakhir pada Senin, 17 Februari, ada sebanyak 53 pejabat yang mendaftar lelang terbuka jabatan (open bidding) untuk 11 SKPD di lingkup Pemkab Kuningan.

Ketua Tim Panitia Seleksi Open Bidding Kuningan, DR. H. Dian Rahmat Yanuar melalui Sekretaris yang juga Kepala BKPSDM, Nurahim, menjelaskan, pendaftaran tersebut dibuka sejak tanggal 2 Februari dan ditutup pada Senin 17 Februari pukul 16.00 wib. Sedangkan untuk verifikasi administrasi dilakukan selama 10 hari, atau terhitung 18 hingga 27 Februari.

“Kalau melihat jumlah yang mendaftar, berarti ada SKPD yang diminati lebih dari lima pendaftar. Itu lebih baik, ketimbang kurang dari empat, karena jika ada SKPD yang peminatnya kurang dari empat, maka pendaftarannya harus diperpanjang lagi,” papar Nurahim.

Dari 11 SKPD yang dilelang jabatannya, diperkirakan posisi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan mendapat pilihan banyak dari pendaftar, karena syarat pengalaman dibidang tersebut dimungkinan banyak disandang oleh puluhan pejabat di Kuningan. Tetapi ia belum bisa menjelaskan secara real, pendaftar di masing-masing SKPD. “Nanti kalau sudah ada verifikasi, baru bisa ketahuan,” ujarnya singkat.

Ke-11 SKPD tersebut diantaranya, Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Perumahan, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Sosial, Kepala Badan KBPP, Kepala Dinas Porapar, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Badan RSU ’45, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan.

Sementara itu, banyak pihak mensinyalir, open bidding masih kental dengan urusan like and dislike nya pengambil kebijakan. Karena bagaimanapun, 11 SKPD yang kosong tersebut harus benar-benar sejalan dengan misi visi Bupati hingga 2024. Bahkan ada yang menduga, putra mahkota mendapat tempat istimewa untuk menempati SKPD yang basah.

“Open biding terbuka bagi siapapun, selama memenuhi persyaratan. Aturannya kan gini, 1 SKPD harus diminati oleh minimal 4 pendaftar, kalau kurang dari empat ya terus dibuka lagi pendaftarannya diperpanjang. Tidak ada titip menitip, apalagi isu putra mahkota. Kalau tidak terbuka begini, ya sudah saja close bidding,” tepis Bupati Acep beberap waktu lalu. (kh)

Facebook Comments

Check Also

Naiklah Tinggi Tanpa Menjatuhkan…….

“Naiklah tinggi tanpa menjatuhkan teman mu, bahagialah tanpa menyakiti teman mu̶…