KARTINI – Kendati mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, Bulan Dana PMI Kabupaten Kuningan 2019 tetap tidak mencapai target yang telah ditetapkan, hal tersebut dikarenakan masih ada SKPD/Badan/Lembaga yang belum bisa melunasinya.

“Bahkan ada lembaga dan BUMN yang menolak untuk Dana PMI. Sepertinya kalau tahun depan tetap menolak untuk PMI, sebaiknya kita sebutkan saja lembaganya,” ujar Panitia Penutupan Bulan Dana PMI Tahun 2019 yang juga Sekda Kuningan, DR. H. Dian Rahmat Yanuar, Rabu (5/1), di Aula Bank Jabar Banten.

Adanya lembaga yang menolak dijadikan donatur untuk bulan dana PMI yang sifatnya sosial dan juga banyaknya SKPD dan lembaga yang belum lunas, mengakibatkan capaian tahun 2019 hanya Rp 429 juta dari target Rp 500 juta, atau hanya 88 persen.

Menanggapi hal itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama dalam sambutannya mengatakan, jangan memaksakan kepada siapapun, termasuk kepada lembaga yang menolak untuk membantu Bulan Dana PMI. Ia sendiri tidak mau jika ada sebuah keterpaksaan, apalagi PMI itu sendiri adalah sebuah lembaga yang bergerak dibidang sosial.

“Meskipun ini tidak mencapai target tapi jika dibandingkan tahun kemarin mengalami kenaikan, patut diapresiasi. Menyoal lembaga yang menolak, biarkan saja jangan dipaksakan. Kita doakan saja semboga orang di lembaga tersebut kembali ke alam sadarnya,” ujar Bupati Acep.

Pada Penutupan Bulan Dana PMI 2019 itu juga diberikan penghargaan kepada kecamatan yang berprestasi berdasarkan kategori, yaitu  Kategori A diatas nilai Rp 17juta 200ribu, Kategori B, Rp 12juta 300ribu sampai dengan Rp 17juta. Kategori C, Rp 8juta 400ribu sampai dengan Rp 11juta. Kategori D, Rp 6juta 900ribu sampai dengan Rp 8juta.

Penilaian tingkat kecamatan itu didasarkan pada percepatan, besaran, tingkat kesulitan, mekanisme/cara pengumpulan serta administrasi. Sedangkan evaluasi kegiatannya dari tanggal 21 Desember 2019 hingga tanggal 24 Januari 2020. (kh)

Facebook Comments

Check Also

Naiklah Tinggi Tanpa Menjatuhkan…….

“Naiklah tinggi tanpa menjatuhkan teman mu, bahagialah tanpa menyakiti teman mu̶…