Sosok ibu dalam mengayomi masyarakat nampaknya kini mulai tampil dikancah pemerintahan desa. Warga mulai rindu dengan kepemimpinan seorang perempuan yang disadari bisa lebih lembut dalam mengambil hati masyarakatnya. 

“Saya memiliki niat untuk mengabdikan diri untuk masyarakat, dan mencoba memajukan Desa Cihirup agar tidak ketinggalan dengan yang lain. Jadi Perempuan tidak boleh kalah dengan Laki – Laki dalam memimpin,” ungkap Lina Herlina, Kepala Desa Cihirup Kec. Ciawigebang.

Lina adalah sosok perempuan dari 11 kades perempuan lainnya yang terpilih pada Pilkades Serentak 2019, dan dilantik  bersama 203 kades lainnya se-Kab. Kuningan, pada Sabtu 28 Desember, di GOR Ewangga.

11 Kepala Desa yang merupakan seorang perempuan, masih di bawah dua persen untuk peran perempuan di instusi pemerintahan desa. Namun hal tersebut merupakan sebuah peningkatan , karna sebelumnya tidak lebih dari satu persen bahkan hanya ada satu atau dua orang saja. Seperti yang dikatakan oleh Wakil Ketua DPRD Kuningan, Hj. Kokom Komariyah, saat ini untuk instansi pemerintah peran perempuan masih di bawah satu persen.

”11 orang Kuwu Perempuan merupakan sebuah peningkatan dari periode sebelumnya. Mudah-mudahan mereka bisa eksis dan betul betul menjalankan tugasnya serta mewakili rakyat sesuai tupoksinya,” ujar Umi Kokom.

Ia pun berharap para Kades perempuan bisa lebih cepat memahami alur kerjanya dan Istiqomah memahami dan mengayomi masyarakat.

Adapun Kepala Desa yang mewakili kaum Hawa di antaranya Lina Herlina (Kades Cihirup Kecamatan Ciawi Gebang), Hj Inoh Rosdiana (Kades Bendungan, Kecamatan Lebak Wangi), Nurul Komariyah (Kades Bojong, Kecamatan Cilimus), Hj. Sri Hayati (Kades Cilowa, Kecamatan Kramat Mulya), Yuyun Yulyaningsih (Kades Cibentang, Kecamatan Kramat Mulya),  Tati Rohayati (Kades Salareuma, Kecamatan Cipicung), Erna Sukmawati (Kades Margacina  Kecamatan Karangkancana), Yeni Supriyani (Kades Bayuning, Kecamatan Kadugede), Ineu Rien Farah Diana (Kades Ciwaru, Kecamatan Ciwaru), Marini (Kades Manggari, Kecamatan Lebakwangi), Kursini (Kades Sukasari, Kecamatan Karangkancana). *** (RH)

Facebook Comments

Check Also

Akibat Covid-19, Job Teh Bella Jadi Sepi

KARTINI – Dunia Broadcasting bagi wanita cantik yang masih belia ini sudah menjadi p…