Begitu terhormatnya wanita. Sejak Alloh ciptakan pasangan Adam (Hawa), lalu mengabadikannya dalam Al-Qur’an, hingga sekarang wanita selalu diperlakukan dengan penuh hormat.

Yuk, Sahabat Kartini, simak beberapa penjelasan tentang keistimewaan Wanita menurut pandangan Islam :

  • Wanita diabadikan sebagai nama surat dalam Al-Quran yaitu surat An-Nisa. Dalam al-quran , jenis kelamin wanita diabadikan dengan nama An-Nisa. Dalam surat tersebut Allah SWT mengatur dan mengungkap banyak qadrati tentang wanita. Allah juga merinci bagaimana cara memperlakukan wanita secara agung. Allah SWT pun menjelaskan hak – hak wanita yang harus diberikan suami maun hak warisnya.
  • Kedudukan Wanita Lebih tinggi 3 kali lipat.  Ini merupakan bentuk dari Islam mengistimewakan wanita. Dalam suatu riwayat dijelaskan tentang seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW, siapakah yang harus dicintainya lebih dulu, maka Rasulullah SAW menjawab  ibumu, pertanyaan tersebut diulang sampai tiga kali dengan jawaban yang sama, dan setelah ditanya keempat kalinya baru kemudian Rasul menjawab ayahmu. Begitu tinggi penghargaan Islam kepada pengorbanan seorang wanita. Sehingga ketika  menjadi seorang ibu maka wanita mendapat derajat tiga kali lebih tinggi dibanding ayah.
  • Wanita Itu Menentramkan. Allah SWT berfirman dalam Surat Ar-Rum ayat 21 , yang artinya : “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”
    Ayat tersebut menunjukan bahwa , dengan adanya keberadaan wanita, baik itu, istri, ibu ataupun anak keturunan kita, mampu menentramkan. Karna kodratnya wanita adalah menentramkan, lebih kuat dalam menghadapi ujian, lebih bisa menahan emosi dan lebih bersabar. Semoga semua wanita bisa meneladani ayat tersebut sehingga bisa menjaga kodratnya.
  • Wanita dalam islam sama dengan laki-laki. Islam menciptakan wanita sebagai pasangan dari laki-laki. Sebagaimana terdapat dalam Alquran surat Al Hujarat : “Hai manusia, sungguh kami telah menciptakan kamu dari seorang laki- laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh yang mulia di antara kamu di sisi Allah, ialah orang yang paling bertaqwa. Sungguh Allah maha mengetahui, maha teliti.”

Dalam ayat di atas menjelaskan posisi bahwa Posisi wanita dalam Islam adalah pendamping laki-laki. Kodrat wanita dalam islam bukan bawahan atau pun atasan yang bisa diperlakukan sekehendak hati atau dituruti layaknya boss. Namun wanita adalah teman hidup yang sejajar.  Pada akhir ayat Allah menegaskan bahwa orang yang mulia di sisi Allah, tergantung dari tingkatan iman dalam islam atau ketaqwaannya pada Allah.

  • Wanita shalehah bebas masuk surga dari pintu manapun
    Wanita sholehah adalah wanita yang bertaqwa pada Allah, yang mengerjakan amal baik dan meninggalkan larangan-Nya. Untuk itu Allah membalasnya dengan jaminan masuk surga dari pintu manapun yang diinginkanya. Sebagai mana terdapat dalam hadist berikut: “Dari Abi Hurairah RA, berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda” apabila seorang wanita telah melaksanakan sholat lima waktunya, menjalankan puasa, menjaga kemaluannya, dan taat pada suaminya, maka dia akan masuk surga dari pintu manapun yang disukainya.” ***(Rohimah/dari berbagai sumber)

Facebook Comments

Check Also

Akibat Covid-19, Job Teh Bella Jadi Sepi

KARTINI – Dunia Broadcasting bagi wanita cantik yang masih belia ini sudah menjadi p…