KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebrakan sekolah kepada anak didiknya dalam memicu minat tersebut

Seperti yang dilakukan SMPN 2 Cigugur Kabupaten Kuningan, pada Senin (18/10/2021), mengadakan latihan menulis bagi siswa SMPN yang berlokasi di Desa Cileuleuy tersebut. Hadir sebagai nara sumber Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuningan, Nunung Khazanah, S.IP., dan wartawan Harian Umum Kabar Cirebon, Eman Sulaeman atau yang biasa disapa Kang Emsul.

Pelatihan menulis itu sendiri bersamaan dengan diresmikannya Kader Kolumnis Indonesia Negeri Dua Cigugur (KKI Neduci) melalui program Gerakan Gemar Menulis, yang diresmikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs.H.Uca Somantri, M.Si.

“Membaca dan menulis harus terus diasah sejak dini. Usia SMP adalah usia yang harus terus dipoles dan dipacu supaya membaca dan menulis menjadi hoby mereka. Makanya , Saya menggandeng PWI untuk memberikan pelatihan kepada siswa-siswi SMPN 2 Cigugur ini,” ujar Kepala Sekolah SMPN 2 Cigugur, Irsan Fajar, S.Pd.

Kepala Dinas Pendidikan, Uca Somantri, sangat mengapresiasi program yang digulirkan SMPN 2 Cigugur, dan diharapkan program perdana itu bisa diikuti oleh sekolah-sekolah lainnya. Terlebih menghadapi Kabuapaten Pendidikan dan Kabupaten Literasi, maka semua pihak terutama lembaga pendidika.n harus kreatif dan inovatif dalam menumbuhkan minat baca dan menulis itu sendiri.

“Yang tidak akan hilang dari sejarah itu, salah satunya adalah ditorehkannya dalam tulisan. Ia akan selalu diingat dan dikenang,. Makanya adik-adik semua harus terus melatih diri dan pikiran kalian dengan membaca dan menulis, karena membaca dan menulis adalah nutrisi otak supaya terus berkembang,” kata Uca.

Pada kesempatan itu pula, pihak sekolah menyediakan pigura berisi quotes (kata-kata inspirasi) yang ditulis tangan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Ketua PWI.

Dua kalimat quotes yang akan diabadikan di lembaga pendidikan tersebut berisi “Tidak ada kata terlambat untuk mulai menciptakan kehidupan yang kamu inginkan” (quotes Kepala Disdik), dan “Ubahlah dunia dengan karyamu, tajamkanlah pena tulisanmu sehingga mengguncangkan dunia” (quotes Ketua PWI Kuningan),

Ketua PWI Kuningan dalam paparan materinya memberikan semangat kepada guru dan siswa supaya tidak bosan menulis dan mendorong supaya menjadi kolumnis yang dilirik banyak pembaca. Trik tersebut ia berikan dalam materi dalam mengubah sebuah ide dan imajinasi menjadi tulisan yang menarik. (Marsa)**

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…