CATATAN sejarah baru tepat memasuki usia ke-523 untuk Kuningan. Kedatangan Presiden RI ke Kuningan bisa jadi menunjukkan kabupaten yang memiliki keistimewaan dimata nasional dan internasional. Prestasi di berbagai bidang terlihat dari berbagai pemberitaan di media.

Memang bukan medali atau tropi sebagai tanda sebuah kesuksesan. Juga bukan parade kendaraan hias ataupun pameran pembangunan sebagai bukti kesejahteraan sebuah tatanan kehidupan di satu daerah. Setidaknya menggambarkan upaya pemerataan kesejahteraan masyarakatnya.

Meski PPKM berkali di terapkan, bahkan saat ini masih dalam tahap perpanjangan. Tapi berbagai pertimbangan, pada akhirnya memberikan kelonggaran di berbagai sektor terutama pariwisata. Jika di katakana pandemi menjatuhkan perekonomian, lalu bagaimana geliat pertumbuhan berbagai tempat pariwisata baru justru bermunculan?

Tuntutan pemerataan pembagian bantuan pada warga terdampak, menjadi bumbu yang sedap untuk memperkeruh keadaan. Lalu segelintir pihak memanfaatkan keaadaan untuk mempolitisir berbagai bantuan sebagai ajang mencari simpati masyarakat.

Begitu pula dengan peertumbuhan ekonomi masyarakat Kuningan. Digitalisasi sosial mempengaruhi tingkat kecerdasan masyarakat untuk lebih produktif dan aktif dalam mencari informasi yang inovatif untuk mampu bertahan menghadapi pandemic ini.

Potret keberhasilan Usaha Makro Kecil Menengah (UMKM) saat ini menunjukan prestasi yang tidak bisa dianggap kecil. Peran serta berbagai kalangan menunjukkan tingkat kepedulian masyarakat untuk saling membahu menjaga stabilitas ekonomi masyarakat Kuningan.

Namun dibalik catatan berbagai prestasi, tentu Kuningan juga masih memiliki PR yang sangat besar. Begitu banyak pembenahan yang harus segera di bereskan untuk meredam besarnya kekecewaan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan. Terutama mereka yang duduk di Kursi parlemen sebagai perwakilan suara rakyat di daerah.

Kursi-kursi yang anda duduki adalah sekam yang kelak mampu membakar diri sendiri jika mereka tidak amanah sebagai pembawa pesan rakyat juga sebagai pelaksana dari apa yang menjadi harapan besar masyarakat untuk kemajuan Kuningan kedepannya.

Maka dari itu, mari bersatu bahu membahu dalam kolaborasi asik untuk menciptakan berbagai inovasi terutama penguatan ekonomi kerakyatan. Kesejahteraan masyarakat menjadi awal kokohnya prasasti kehidupan bermasyarakat.

Selamat hari jadi ke 523 Kuningan, langkah dan lompatanmu belum maksimal. Maka dari itu cinta kami sebagai warga Kuningan pun berterimakaasih atas segala upaya dan prestasi yang di cipta. Kami bangga menjadi warga Kuningan. Mari bersatu mewujudkan Kuningan maju Kuningan tumbuh.**

Oleh : Vera Verawati

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…