JALANAN tak sesepi kemarin, akasia tersenyum, daunnya melambai gemulai. Merah mentari nyalakan api semangat pada makhluk yang bertebaran di muka bumi. Lelah langkah sisa perjalanan tadi, susuri waktu bersama rindu dan nyanyian kedamaian yang terhampar di cakrawala menguap begitu saja.

Celoteh-celoteh itu berubah menjadi nyanyian riang, wajah-wajah mungil itu bercerita tentang impiannya. Saatnya kusuguhkan lembar-lembar aksara tertera, kuajak mereka mengenalnya, agar jalan menuju pintu mampu menuntunnya membuka jendela dunia.

A vocal paling abstrak, menari pada B yang tersipu bertemu C, sedang D hanya diam pura-pura merenung. E malah sembunyi dijaring-jaring elegi, lalu F senyap saja menikmati sendirinya dan G mengabarkan dari H hingga Z tanpa menambah atau mengurangi.

Bagaimana dengan angka, numeric ini terasa rumit untuk menjadi bait, mari menghitung dengan lagu “Satu-satu aku sayang ibu.” Berhasil!! Senyum dari bibir mungil itu makin lebar, tawa itu begitu renyah. Semakin cerah warna angkasa dengan putih dan birunya yang membaur indah di langit.

Kesyukuran mana yang kau abaikan, sedang bahagia itu ada dalam jiwa setiap orang. Masih membuang waktu dengan menyesali pandemi yang tak jua hengkang. Lalu kapan memulai melakukan kebaikan dan kebermanfaatan.

Mari menyusun aksara, menjadi kata yang tersusun indah dalam bahasa penuh makna dan cinta. Sampaikan pada semua bahwa betapa indahnya hidup ini. Jika di mulai oleh sebuah perjalanan. Dari mata kita akan melihat apa yang dibutuhkan sekitar kita.

Jadilah tangan, jadilah mata, jadilah kaki, jadilah hati untuk mereka yang tak tersentuh. Karena tak satupun yang kita genggam saat ini adalah hak milik. Hanya titipan, dari titipan itu sebagaian ada hak untuk sesama. Maka samapaikanlah!

Bahasa aksara, susun dengan indah, gubah dengan ramah. Hiasi dengan madah, rimakan dalam dendang. Buat semua orang menemukan cahaya nan benderang. Maka dunia mengakui sebuah keberadaan dari satu peradaban. ***

Oleh : Vera Verawati

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…