BERSAHABAT dengan mentari, setiap pagi kau lihat senyum nan ramah bersama hangatnya. Warna mulai merah saga, menjadi kobar semangat untuk sebuah harapan hari ini dan esok. Lalu bagaimana dengan kemarin ?

Jika kemarin hatimu patah oleh sebuah kegagalan. Hari ini bisa jadi kabar baik dan esok adalah impian yang kau raih. Jika kemarin kecewa karena hujan tiba-tiba datang sedang awan tak berkabar. Ia hanya ingin mendinginkan tubuh lelahmu.

Bagaimana dengan esok ?
Teruskan saja langkahmu, jika perlu berlari kenapa tidak. Namun tetap waspada untuk melihat pijakan agar tak terperosok pada jerat keserakahan. Istirahat sejenak. Beri jeda untuk mengambil ruang untuk langkah berikutnya.

Edarkan pandangan. Ketika apa yang kita genggam sebagian menjadi hak orang lain. Maka berbagilah. Jangan takut kehilangan karena janji yang tak pernah ingkar adalah janji-Nya. “Berbagilah maka aku tambahkan.”

Kita pernah melewati kemarin dengan berbagai cerita. Duka atau bahagia, pahit ataupun manis. Bahwa kehidupan ini sebuah roda. Kadang di bawah kadang juga diatas. Kemarin kita di hormat mungkin esok dihujat.

Kemarin kita kaya mungkin esok miskin. Begitu seterusnya. Tapi akan ada yang selalu baik-baik saja meski putaran-demi putaran roda kehidupan di laluinya. Tak hancur saat terpuruk. Tak lupa saaat berjaya. Merekalah yang hatinya di penuhi rasa syukur.

Seperti kita dan bumi sebagai pijakan, seperti kita dan langit sebagai naungan. Seperti kita dan makhluk lainnya saling membutuhkan. Untuk itu mari saling menjaga. Gunalah secukupnya. Agar kita dan alam raya tetap bersahabat lebih lama.

Bersabarlah atas setiap perputaran yang sedang kita lalui, ulurkan tangan ketika berkemampuan. Saling menguatkan jika itu hanya yang kita punya. Indah bukan. Hidup dan kehidupan andai semua orang berfikiran seperti ini.

Berdamailah dengan diri sendiri, berdamailah dengan keadaan. Berdamailah dengan alam. Rawat, jaga dan pertahankan. Seperti itulah cinta seharusnya.**

Oleh : Vera Verawati

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…