KARTINI – Berawal dari Konferensi pertama tentang lingkungan hidup kemudian menghasilkan deklarasi Stockholm pada tanggal 5 Juni 1972. Dimulai sebagai awal peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Upaya mengembalikan ekosistem ke kondisi awal (restorasi). Termasuk pencegahan terjadinya kerusakan yang lebih meluas. Disadari atau tidak bahkan Indonesia sendiri telah kehilangan hutan-hutan tropis yang menjadi kebanggaan sebagai negara dengan memiliki dua musim.

Nenek moyang kita dulu tak pernah mengeluh dengan makanan karena mudah didapat disekitar mereka. Apapun yang di tancapkan di bumi pertiwi ini akan tumbuh subur dan menghasilkan.

Tapi berbeda saat ini. Lahan-lahan kita sudah bukan lagi dimiliki peduduk pribumi. Hutan-hutan dijarah meninggalkan lahan-lahan gersang. Sedang isi perut ibu pertiwi di keruk hingga kedasar-dasarnya. Menyisakan berbagai racun mematikan.

Birunya laut kebanggaan para leluhur. Dalam senyapnya berubah warna. Masyarakatnya sendiri nyaris tak mampu membeli ikan di negeri bahari. Tak mampu menikmati beras di negeri agraris ini.

Sungai-sungai berair jernih dengan ikan segar hanya tinggal kenangan. Sisakan sampah menggunung hingga air bah pun tak berjalan seharusnya. Akibatnya meluap menghanyutkan segala yang ada dalam banjir bandang.

Butuh kerja keras dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Dari kebiasaan kecil untuk tidak membuang sampah sembarangan. Terutama membuang sampah ke aliran sungai yang jelas aliranya merupakan pangkal kehidupan.

Disana sawah dan padinya bermula. Hidup dan kehidupan kita berawal dari air. Karena itu mari saling bergandeng tangan untuk memulai kebiasaan baik.

Sungai adalah sumber kehidupan. Jaga dan selamatkan generasi masa depan.
Agar mereka ikut merasakan indahnya hidup di negeri impian. Bukan menjadi tugas pemerintah untuk menata lingkungan tapi justru berawal dari masyarakat itu sendiri memiliki kesadaran. Lingkungan bersih, tubuh dan jiwa yang sehat akan mencipta negara yang kuat. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

80 Persen Kematian Akibat Serangan Jantung Ternyata Dapat Dihindari

KARTINI –  Jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya, a…