KARTINI – Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Kuningan ternyata tidak bisa dikendalikan sehingga perlu adanya tindakan dan pengawasan dari pemerintah terutama Tim Satgas Covid-19.

Melihat hal tersebut, Polres Kuningan menggelar apel pasukan, pada Minggu (16/5), di Mapolres Kuningan. Adapun para peserta Apel diantaranya Wakapolres Kuningan, Para Kabag, Kasat Opsnal dan Perwira Polres Kuningan serta Anggota Satgas yang telah dibentuk Polres Kuningan, diantaranya Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar Lantas, Satgas Gakkum dan Satgas Bantuan.

Dalam arahannya, Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, yang bertindak sebagai pimpinan apel menyatakan bahwa tujuan diadakannya apel tersebut adalah sebagai langkah antisipasi arus balik mudik dan upaya pencegahan banyaknya warga masyarakat yang berkerumun di berbagai obyek wisata sesuai kebiasaan pasca perayaan hari raya Lebaran.

“Kami arahkan agar Tim Satgas dapat melakukan koordinasi dengan pihak pengelola objek wisata untuk selalu menerapkan prokes dan membatasi kapasitas pengunjung sebanyak 50%, dan apabila ada obyek wisata yang tidak melaksanakan protokol kesehatan, maka kami akan berikan peringatan sampai kepada penutupan dan pencabutan ijin usaha”, ujar Kapolres.

Lakukan Tes Swab Antigen

Terkait dengan kegiatan pemantauan obyek wisatanya, Kapolres menyatakan akan dilakukan oleh Tim gabungan dengan Kodim 0615 Kuningan, Sat Pol PP, BPBD, Dinas Kesehatan dan Dishub Kab. Kuningan.

Lebih jauh Kapolres menambahkan pihaknya akan melakukan test Swab Antigen kepada para pengunjung obyek wisata secara random, sehingga apabila ada warga masyarakat yang positif terpapar Covid-19, akan dilakukan tindakan lebih lanjut.

Terkait dengan membludaknya jumlah masyarakat yang mengunjungi obyek wisata merupakan rutinitas pasca perayaan lebaran, pihaknya menekankan kepada semua anggota Satgas yang telah dibentuk agar dalam pelaksanaan di lapangan lebih mengedepankan sisi humanis, persuasif serta menghindari perdebatan dengan masyarakat yang berpotensi viral dan kontraproduktif.

Pasca pelaksanaan apel di Mapolres Kuningan, Kapolres beserta jajaran selanjutnya melaksanakan apel gabungan di halaman Setda Kabupaten guna melakukan kunjungan dan pemantauan ke berbagai obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan. (kh)**

Facebook Comments

Check Also

Yuk Kenali Manfaat Buah Dari Warnanya

KARTINI – Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehat…