KARTINI – Gagasan Hari Buku Sedunia pertama kali dilontarkan penulis Vicente Clavel Andres sebagai sarana menghormati penulis terkenal Miguel de Cervantes, yang di kenal lewat karyanya berjudul Don Quixote, yang meninggal pada tanggal 23 April.

Hari Buku Sedunia merupakan kesempatan untuk mengingat pentingnya membaca, menjadikan anak-anak pembaca dan merangsang cinta sastra menjadi integrasi kehidupan di dalam dunia kerja diungakapkan oleh  United Nations Educational, Scientific and Cultular Organiztion (UNESCO).

Indonesia menjadi negara produktif yang tercatat melahirkan para penulis yang menghasilkan buku dari berbagai bidang. Terbukti dari data terakhir yang mencatat Indonesia menjadi negara di urutan ke 8 di seluruh dunia. Namun amat disayangkan tidak dibarengi oleh minat baca pada masyarakatnya.

Berbagai upaya dilakukan untuk memancing masyarakat terutama anak-anak dan generasi muda untuk jatuh cinta pada membaca. Tapi tidak mudah saat di hadapkan pada digitalisasi yang lebih melenakan mereka pada hal-hal negatif termasuk ketergantungan anak pada handphone dan game online.

Sedikit sekali anak-anak dan generasi muda saat ini yang suka membaca, tapi tidak berarti menyurutkan langkah para pegiat literasi dalam memperkenalkan serta mengajak masyarakat untuk cinta membaca. Kabupaten Kuningan sendiri mencatat 31 Taman Baca Masyarakat tersebar di seluruh kabupaten.

Dengan program Kuningan membaca harapan untuk mengajak masyarakat mengenal buku dan membacanya. Bisa menjadi strategi jitu dalam mengubah beberapa pola pikir masyarakat menjadi lebih produktif dan mandiri. Setidaknya dengan membaca wawasan mereak membaik terutama dalam menyikapi setiap isu yang beredar.

Dengan makin banyaknya pegiat literasi yang hadir dan bersinergi dengan semua pihak semoga mampu memberantas buta aksara di negeri ini. Mari budayakan membaca karena membaca memang satu hal yang sulit tapi tanpa membaca menyulitkan banyak hal. (Vera berbagai sumber)**

Facebook Comments

Check Also

Naiklah Tinggi Tanpa Menjatuhkan…….

“Naiklah tinggi tanpa menjatuhkan teman mu, bahagialah tanpa menyakiti teman mu̶…