KARTINI – Sejumlah pegiat literasi optimis jika Kuningan mampu diwujudkan sebagai Kabupaten Literasi melalui berbagai gebrakan dan kegiatan.

“Salah satunya yaitu dengan adanya gerobak baca bagi TBM, ini bisa menjadi salah satu solusi dalam menjawab rendahnya minat baca pada masyarakat, dan diharapkan melalui pegiat-pegiat literasi bisa meningkatkan minat baca dan menjadikan Kuningan sebagai kabupaten literasi,” ujar Kabid PAUD Dikmas Dina Pendidikan, DR.Elon Carlan, saat menggelar rapat kerja tahunan Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) se-Kuningan, Rabu (21/4), di Kedai Kopi Lendot Mang Elon.

Rendahnya minat baca pada masyarakat menjadi tugas bersama untuk menyelesaikannya, terutama pada pegiat literasi. Atas dasar itu pula, para pegiat literasi makin memantapkan optimisme Bunda Literasi untuk mewujudkan Kuningan menjadi salah satu Kabupaten Literasi di Jawa Barat.

Kegiatan yang diikuti 31 TBM tersebut dihadiri Bunda Literasi, Hj.Ika Rachmatika Purnama. Bentuk nyata berkesinambungan pegiat literasi di Kabupaten Kuningan terlihat dari kehadiran semua undangan. Yang juga menampilkan kreasi pegiat literasi berupa musikalisasi puisi dan pernampilan musik akustik juga penamilan saksofon oleh falsa.

Harmonisasi terjalin diantara sesama pegiat literasi. baik itu yang telah lama berkecimpung maupun mereka yang baru bermunculan.

“Saya bangga dengan bermunculannya generasi muda yang menjadi pegiat literasi. Besar harapan saya, melalui kegiatan ini bisa untuk segera mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Literasi dengan melaksanakan program Kuningan Membaca,” ujarnya.

Untuk para pegiat literasi yang belum terdata diharapkan segera menginformasikan untuk membantu mengakomodir kebutuhan TBM mereka. Semoga pegiat literasi tetap konsisten menebarkan virus membaca. Untuk mencipatakan generasi beriman, cerdas dan sehat. (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…