KARTINI – Sebuah organisasi International Boards of Books For Young People (IBBY) pada tahun 1966, mencetuskan Hari Buku Anak, pada 2 April. Hal itu untuk mengenang seorang tokoh yang dijuluki sebagai Bapak Dongeng Dunia yaitu Hans Christian Andersen yang merupakan seorang penulis cerita anak yang mendunia.

Kita tentu sudah hapal dengan buku berjudul “Si Itik Buruk Rupa” atau “Gadis Penjual Korek Api” atau “Legenda Putri Duyung”. Ketiga buku ini merupakan beberapa dari begitu banyak karya yang dihasilkan oleh Hans Chritian Andersen.

Pada kenyatannya buku anak menjadi kebutuhan yang eksklusive, karena terbukti buku-buku anak berkualitas bagus terbilang mahal. Itu sebabnya tidak bisa dipungkiri ketika dilapangan kita begitu kesulitan untuk menemukan buku bacaan untuk anak-anak.

Terutama di perpustakaan-perpustakaan desa  atau Taman Baca Masyarakat yang tersebar diseluruh Indonesia khususnya Kabupaten Kuningan sendiri. Hampir setiap TBM mengeluhkan langkanya koleksi bacaan anak-anak.

Terkadang adapaun buku anak-anak merupakan komik-komik tua keluaran tahun 90-an yang di rasa kurang relevan untuk dibaca anak-anak di era sekarang ini.

Jika kita merunut pada begitu besar manfaatnya jika buku-buku anak dengan kualitas dan konten yang tepat mampu merangsang perkembangan intelektual anak-anak.

Serta mampu membangun mentalitas anak dalam bersosialisai di lingkungan. Namun karena jarangnya mendapatkan buku-buku anak yang sesuai standar bacaan anak-anak tentu tidak heran jika pada akhirnya kita sedikit kesulitan dalam memberikan asupan nutrisi otak pada anak dalam bentuk bacaan.

Sedangkan buku merupakan salah satu media terbaik menemukan talenta anak serta memperkenalkan cakrawala dunia yang tiada terbatas ini. Selamat Hari Buku Anak Sedunia.

Menjadi PR untuk kita bagaimana melahirkan penulis-penulis cerita anak yang menuntun dan menjadi pedoman yang baik dalam bersosialisai di lingkungan sehari-hari.

Berawal dari membaca maka akan perlahan membentuk karakter-karakter manusia berkualitas. Mari budayakan membaca pada anak-anak dan mari pilihkan bacaan yang tepat untuk anak-anak kita agar terbentuk generasi beriman, pintar dan jujur, amin. (Vera dilansir Kalderanews.com)**

Facebook Comments

Check Also

80 Persen Kematian Akibat Serangan Jantung Ternyata Dapat Dihindari

KARTINI –  Jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya, a…