KARTINI -Kendati masa Pandemi Covid-19, namun Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) Cabang Manislor Kec. Jalaksana Kuningan, tetap melaksanakan agenda rutin Donor Darah Nasional.

Ketua Bidang Sosial JAI Manislor, Rusdi Sriwiyata, menjelaskan, ada sebanyak 70 labu yang berhasil diambil dari 98 pendaftar. Sisanya tidak bisa mendonorkan karena faktor kesehatan. “Donor darah ini adalah agenda rutin, dan di masa Pandemi tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya, saat di lokasi donor, pada Jumat (26/2).

Kegiatan tersebut dilaksanakan ba’da shalat Jumat, bertempat di Gedung SMP Amal Bakti Manislor. Hujan tidak mengurangi antusias dari warga JAI Manislor untuk mendonorkan darahnya.

Meskipun petugas PMI Kuningan datang sedikit terlambat, namun terlihat sesudah ba’da shalat Jumat, para calon pendonor darah berbondong-bondong mendatangi tempat dilangsungkannya donor darah.

Setelah petugas PMI datang, para calon pendonor mengantre satu persatu mendapatkan giliran untuk darahnya diambil. Dari 98 orang pendaftar, hanya 70 labu yang bisa diambil, sisanya tidak bisa diambil karena faktor kesehatan.

“Jika secara rinci, ada 58 pendaftar dari ibu-ibu tetapi hanya dapat diambil 30 labu, sedangkan dari bapak-bapak ada 40 orang pendaftar, yang bisa diambil 40 orang saja. Jumlah ini belum terhitung dengan pendonor siaga sukarelawan yang siap sedia 24 jam ketika ada yang membutuhkan darahnya,” papar Rusdi.

Ditambahkannya, terhitung sejak Januari 2021 ada belasan labu yang sudah didistribusikan kepada yang membutuhkan. Kegiatan tersebut juga, salah satunya dilatar belakangi banyaknya permintaan stok darah dari masyarakat.

Menurut Rusdi, keadaan pandemi bukan menjadi penghalang bagi warga JAI Manislor untuk berbuat kebaikan, salah satunya dengan mendonorkan darahnya.

Bahkan kedepannya, JAI Manislor berencana akan mengembangkan salah satu aplikasi pencari darah yaitu Give Blood. Sejauh ini aplikasi tersebut sudah bisa di download di play store, tetapi untuk Kuningan sendiri atas dasar kurangnya sosialisasi, menjadi belum familiar. (KH)***

Facebook Comments

Check Also

KKI Neduci Cetak Kader Penulis Handal

KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebr…