KARTINI – Nasi goreng merupakan masakan khas nusantara yang dapat dinikmati oleh siapapun dan kapapun. Salahsatu nasi goreng yang sedang viral di Kabupaten Kuningan, yaitu nasi goreng lemak.

Yang menarik dari nasi goreng lemak adalah bumbu rempahnya yang begitu terasa, juga rasa pedasnya yang disukai masyarakat Indonesia. Wajar saja dengan rasa yang berbeda dengan tempat lainnya nasi goreng lemak Kedai Bulza Bunderan Cijoho, laris didatangi pengunjung, padahal baru saja dibuka.

Pemilik kedai nasi goreng lemak Bulza, Deden ternyata memang memiliki hobi memasak, atas dasar itulah Ia mencoba peruntungannya dengan berjualan nasi goreng lemak. “Saya mencari menu yang berbeda yang di Kuningan belum ada, dan rasanya memang sudah familiyar dengan keluarga,”ujarnya.

Tak hanya itu, menurutnya sejumlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang justru menyehatkan. Lemak tak jenuh dikenal sebagai lemak baik karena jenis lemak ini adalah lemak yang dapat meningkatkan kadar lemak sehat (HDL) di dalam darah, dan mengurangi kadar lemak tak baik, seperti kolesterol dan trigliserida.

“Jadi makanan yang mengandung lemak tak seharusnya dihindari karena tubuh membutuhkan sejumlah lemak tertentu dari makanan untuk membantu fungsi hormon, memori, dan penyerapan nutrisi,”ujarnya.

Jadi wajar saja apabila telah memakan nasi goreng lemak, para pelanggannya kenyang dengan porsi yang tak begitu banyak. “Ya karena bisa menciptakan rasa kenyang dan memperlambat pencernaan makanan dan menambah rasa makanan yang lemaknya itu, jadi itu pas juga untuk menjaga berat badan ideal,”ujarnya.

Hal itu dibenarkan oleh pelanggannya Nanang yang juga seorang vlogger, saat mencicipi nasi goreng lemak buatan Kang Deden, pada siang hari, hingga malam hari Ia masih kenyang. “Rasanya memang enak, gurih dari lemak yang ikut dimasak, tadi saya maka siang, setelah jam 9 malam, Saya masih merasa kenyang, jadi ini cocok untuk menu diet juga,” papar Nanang. (Dien)**

Facebook Comments

Check Also

Kabut Duka Di Langit Semeru

GEMURUH tiba-tiba, bumi semeru terguncang. Berhamburan penghuninya bak laron menuju cahaya…