KARTINI – Budaya membaca memang harus ditanamkan sejak dini, karena dengan membaca akan menambah wawasan dan salah satu nutrisi otak.

Ironisnya, UNESCO menyebutkan, jika Indonesia berada pada urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. Ini artinya minat baca orang Indonesia masih sangat rendah. Dari seribu orang Indonesia, ternyata cuma satu orang yang rajin membaca.

Wah ternyata perbandingannya sangat jauh sekali ya. Lalu bagaimana dengan greget pemerintah dalam menggelontorkan program literasi, termasuk Pemkab Kuningan yang terus menggaungkan Kabupaten Literasi.

“Harapan Saya kepada masyarakat tentunya masyarakat bisa menerima keberadaan kami dengan baik, ketika kami ‘Paguyuban Duta Baca Kab. Kuningan’ sedang menjalankan program kerja yang langsung terjun ke masyarakat, yaitu meningkatkan budaya literasi,” ujar Hendra Nurrochman, peraih Juara Harapan 1 Lomba Duta Baca 2020.

Hendra utusan dari Universitas Islam (Unisa) ini ternyata gemar membaca sejak SMK, dan genre sejarah yang menjadi pavorite Hendra dalam koleksi literasinya. Membaca menjadi keasyikan tersendiri bagi Hendra, sehingga dengan keasyikannya itu, pantas jika ia menjadi salah satu Duta Baca Kuningan.

Kriteria untuk dipilih sebagai Duta Baca pun ternyata cukup banyak juga Sahabat Kartini. Dari mulai attitude (sikap), public speaking (kepiawaian berbicara didepan umum), hingga pengetahuan seputar kepustakawanan dan wawasan seputar literasi pun ternyata harus mumpuni.

“Kalau sudah terbiasa membaca, Alhamdulillah semua bisa dijawab, dan dengan prestasi ini menjadi motivasi Saya untuk terus berkarya, dan terus belajar membaca, mengasah diri supaya bisa meraih kejuaraan di level yang lebih tinggi,” papar putra dari pasangan Dadang Hamdani Dabas dan Dewi Kartika Sari ini.

Pria murah senyum kelahiran Juni 2002 ini ingin sekali menjadi sosok pria dan anak yang dibanggakan. Untuk itu, ia pun berjanji akan terus menorehkan prestasi. Bukan sekedar untun keluarga, tapi ia sangat termotivasi untuk bisa mengharumkan kampus dan Kabupaten Kuningan.

Ternyata tidak sekedar Harapan 1 Duta Baca 2020 lho, Hendra asal Desa Kalapagunung Kec. Kramatmulya itu pun meraih Juara 1 (ITB Bandung), Juara 2 (UIN Bandung), dan
Juara 3 (STIKES Kng). Semuanya Duta Baca. Semangat ya, mudah-mudahan Literasi di Kabupaten Kuningan bisa terjawab dengan hasil yang menggembirakan. Bisa mencetak banyak anak sekolah, dan masyarakat umum yang gemar membaca.

Awali Kebiasaan Membaca di Keluarga

Ia pun berpesan supaya diawali membaca di lingkungan keluarga. Ciptakan keluarga dengan gemar membaca, hiasi rumah dengan banyak genre buku. Buku untuk anak-anak hingga untuk dewasa.

Karena menurut Hendra tidak ada yang terlambat selagi ada keinginan, karena dengan moto hidupnya ‘perbaiki apa yang salah dan jangan ragu untuk melangkah”, bisa menjadi pijakan awal untuk memulai membaca, lho, Sahabat Kartini.

“Mudah-mudahan saja, program Bunda Literasi-nya Kuningan yang akan dibentuk hingga tingkat desa/kelurahan bisa menjawab peringkat terendah gemar membaca,” harap Hendra diakhir perbincangan. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Dinilai Peduli Terhadap Pekerja Perempuan, Dinkes Dianugerahi Penghargaan

KARTINI – Perempuan bekerja saat ini trennya semakin naik dan lembaga/perusahaan pun…