KARTINI – Ancaman radikal dan terorisme diprediksi masih menjadi gangguan Kamtibmas tahun 2021 dan perlu diantisipasi secara masif dalam perkembangannya.

“Ancaman terorisme dan ajaran radikal masih potensi, karena jaringan teroris belum seluruhnya terungkap, dan beberapa pelaku masih belum tertangkap terlebih adanya tahanan terorisme yang dipindahkan dari Lapas Narkotika kelas II A Gunung Sindur Kab. Bogor dan Rutan Polda Metro Jaya Jakarta Selatan ke Lapas kelas II A Kab. Kuningan,” papar Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandiel Malik, saat releas akhir tahun, beberapa hari lalu.

Wilayah Kab. Kuningan yang terdapat Gunung Ciremai bisa saja dijadikan tempat untuk latihan para teroris. Ditambah adanya eks napi teroris yang suatu saat dimungkinkan kembali melakukan aksinya di Kuningan. Hal tersebut harus diwaspadai secara menyeluruh oleh semua pihak.

Selain ancaman radikal dan terorisme, tahun 2021 Pemerintah Kab. Kuningan akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 dan diikuti oleh sekitar 85 Desa. Hal ini perlu mendapat perhatian karena tidak kalah panasnya dengan pelaksanaan Pilkada serentak.

“Kegiatan unjuk rasa yang dilakukan oleh kelompok masyarakat, LSM, mahasiswa, dan ormas keagamaan diprediksi akan mengalami peningkatan antara lain menyikapi permasalahan kebijakan pemerintahan pusat dan daerah yang tidak pro terhadap rakyat, APBD yang tidak realistis, keagamaan, kasus korupsi,” ujarnya.

Permasalahan penanganan Jemaat Ahmadiyah Indonesia di Desa Manis lor Kec. Jalaksana Kab. Kuningan, akan menjadi potensi gangguan yang setiap saat terjadi, karena keberadaannya mendapat penolakan dari ormas/elemen intoleransi.

Sebagai langkah antisipasinya, Kapolres Lukman memaparkan, dengan mengoptimalkan segenap sumberdaya internal dan eksternal Polri, melakukan deteksi dini, mengutamakan tindakan premtif dan preventif serta melakukan penegakan hukum dengan tegas dan humanis berdasarkan prosedur dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku serta menghormati hak asasi manusia (HAM).

“Dalam menghadapi situasi Kamtibmas di Tahun 2021, Saya selaku Kapolres Kuningan mengucapkan terima kasih atas kerja samanya kepada TNI, Pemda serta seluruh masyarakat Kuningan yang telah mendukung, sehingga di tahun 2020 situasi kamtibmas di Kabupaten Kuningan aman dan terkendali,” katanya.(kh)**

Facebook Comments

Check Also

Naiklah Tinggi Tanpa Menjatuhkan…….

“Naiklah tinggi tanpa menjatuhkan teman mu, bahagialah tanpa menyakiti teman mu̶…