Kesmas Unisa Dapat Kado Tahun Baru ‘Peringkat B’

Refleksi Kartini Kuningan 2020
December 31, 2020
Anggaran Pilkada Kuningan Sudah Dicadangkan
January 1, 2021

Kesmas Unisa Dapat Kado Tahun Baru ‘Peringkat B’

KARTINI – Setelah meraih predikat ‘Baik’ untuk akreditasi institusi, kini Prodi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam (Unisa), meraih peringkat B.

Keputusan tersebut didapat dipenghujung tahun 2020 dan menyambut tahun 2021. Pihak Unisa menerima kiriman surat dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) akhir Desember 2020. Surat tersebut merupakan keputusan dari hasil Assessment Lapangan Daring (ALD) yang dilakukan 5 Desember 2020 oleh dua Assesor LAM-PTKes yakni Dr. Nurjazuli, SKM., M.Kes dan Dr. Ratih Sari Wardani, S.Si., M.Kes.

“Alhamdulillah, berdasarkan SK Nomor: 0726/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2020 bahwa akreditasi Prodi Kesmas Unisa berstatus terakreditasi B dengan nilai 303, saya ucapkan selamat kepada Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan yang telah mendapat peringkat B hasil dari assesment lapangan. Ini kado tahun baru,” kata Rektor Universitas Islam Al-Ihya Kuningan, Nurul Iman Hima Amrullah, S.Ag.,M.Si

Menurutnya, hasil tersebut patut diapresiasi karena merupakan buah kerja cerdas dan kerja keras tim yang berupaya maksimal menghadapi akreditasi untuk pertama kalinya sejak pendirian program studi pada 2014 silam.

Karena itu pihaknya berterimakasih kepada semua pihak yang membantu dan menyokong proses akreditasi hingga berjalan lancar dan menghasilkan luaran yang baik.

“Peringkat B ini harus menjadi motivasi tinggi bagi semua pihak terutama Fakultas Ilmu Kesehatan. Mari dedikasikan diri untuk dunia pendidikan kesehatan, khususnya di prodi Kesmas Unisa Kuningan,” ujarnya.

Lebih lanjut Iman menyampaikan, assesmen lapangan merupakan proses penilaian dan pengukuran rill setelah sebelumnya pihak kampus menyerahkan data pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan program pendukung lainnya yang ada dan dilakukan di program studi tersebut. Dengan hasil akreditasi B, maka program studi tersebut bisa tampil menjadi pilihan calon mahasiswa yang memiliki ketertarikan dengan dunia kesehatan, salah satunya Kesehatan Masyarakat.

“Menjelang akhir tahun ini kami banyak menerima kabar gembira. Selain akreditasi institusi yang hasilnya “BAIK”, Prodi Kesmas “B”, juga sebelumnya Prodi PGSD, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi PGPAUD semuanya terakreditasi B. Sekarang kami sedang menunggu hasil akreditasi Prodi Gizi, mudah-mudahan hasilnya B juga,” harapnya.

Ungkapan haru disampaikan Dekan Fakultas Kesehatan Unisa, Hanan Sudiana, M.Mkes didampingi Wakil Dekan, Alfiani Rizqi, M.MRS. Pihaknya mengaku hasil tersebut merupakan buah dari dedikasi seluruh tim Prodi Kesmas Fakultas Ilmu Kesehatan yang diberikan selama mengabdi di Unisa. Pihaknya berharap, selain mampu meningkatkan kepercayaan publik terhadap almamaternya, hasil tersebut bisa memicu proses kedepannya untuk menghadapi re-akreditasi sehingga hasilnya bisa lebih baik dari perolehan saat ini.

“Ini akan menjadi daya pecut bagi kami untuk terus lebih baik lagi. Selain Prodi Kesmas yang sudah kami terima hasilnya, semoga perjuangan kami di Prodi Gizi juga hasilnya bisa membanggakan. Insyaallah hasilnya akan segera keluar mengingat pelaksanaan assesmen lapangannya juga hanya berbeda satu minggu,” kata Hanan. (rleas)**

Facebook Comments

Comments are closed.