KARTINI – Meskipun kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuningan di tahun 2020 disebut sesuai rencana program, namun penyerapan anggarannya tidak terserap sesuai target.

Demikian poin yang disampaikan Plh. Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan, Ardhi Haryoputranto yang juga Kasi Pidsus, didampingi Kasi Intel, Mahardika Rahman, Senin (28/12/2020).

“Karena Pandemi Covid-19, maka anggaran 2020 tidak terserap maksimal. Semua kegiatan banyak yang dilakukan secara virtual, termasuk dalam sidang. Meskipun demikian, tetapi program-program yang direncanakan semuanya terlaksanakan,” papar Ardhi.

Ia memaparkan, persentase penyerapan anggaran tersebut hanya 79 % tersebar di beberapa kegiatan, diantaranya, bidang pembinaan 80 %, seksi intelijen 50%, seksi tindak pidana umum 28%, seksi tindak pidana khusus 55%, seksi perdata dan tata usaha negara 46%.

Dalam hal penyelidikan, Kejari Kuningan sendiri telah mengungkap kasus dugaan penyelewengan APBDes dan Mark Up anggaran pembangunan di Desa Sindangjawa Kec. Cibingbin. “Ini sudah ditingkatkan ke penyidikan, masih menunggu dari Isnpektorat dan belum ditetapkan sebagai tersangka,” paparnya.

Lalu dugaan TPK DAK Non Fisik Operasional KB pada DPPKBP3A. Dari pengumpulan alat bukti, pihak Kejari menghentikan kasus tersebut karena pihak DPPKBP3A mau mengembalikan kerugian tersebut ke kas negara.

Sedangkan dalam hal penyidikan dan penuntutan, Kejari Kuningan sudah menangani dugaan penyalahgunaan dana KUR pada Bank BTN KCP Kuningan tahun 2012 s/d tahun 2014 a.n Tersangka Rachmad Suhendrotomo dengan kerugian Negera sebesar Rp. 26 milyar.

Ada satu program yang bisa menutupi capaian, yaitu adanya program pembangunan rehab gedung Datun dan Pidsus yang sumberdananya dari Hibah Pemda sebesar Rp. 897 juta.

“Dalam hal pengelolaan barang bukti, dan barang rampasan, Kami telah melakukan pemusnahan barang bukti sebanyak dua kali, yaitu bukan Juli dan November 2020,” tambahnya. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Kampung Dongeng Gelar Festival Hari Dongeng Nasional

KARTINI – Kebijakan untuk melonggarkan kegiatan di masyarakat, termasuk di lembaga p…