KARTINI – Munculnya kekhawatiran dari beberapa pemerhati tentang ketidakpastian APBD 2021 dibantah oleh lembaga legislatif, dan dipastikan pembahasannya tetap berjalan.

Sekretaris DPRD H.M.Nurdijanto, SH., M.H., melalui Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan, Deden Yuliadin, SH., M.Si., menjelaskan, pembahasan APBD 2021 kini sudah memasuki beberapa tahapan, dan saat ini Banggar pun sedang maraton membahasnya.

“Direncanakan tanggal 24 November, APBD 2021 disahkan. Jadi tidak ada halangan atas keterlambatan APBD, apalagi sampai ditunda dan tidak ada anggaran. Ini Saya dengan Pak Sekwan sedang di Bandung melakukan konsultasi,” papar Deden yang dihubungi http://kartinikuningan.net lewat telepon selular, Rabu (18/11/2020).

Ketika disinggung seputar PLt Ketua DPRD dan dianggap tidak adanya hukum karena kekosongan ketua DPRD, dirinya tidak mau berkomentar tentang hal tersebut. Yang pasti menurutnya, dalam pengambilan keputusan bisa melalui unsur pimpinan, yaitu Wakil Ketua, itu dibenarkan dan disahkan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD dari PKB H.Ujang Kosasih tidak mau berkomentar seputar penunjukan PLt Ketua Dewan. “Sekarang saya tidak mau berkomentar dulu ya,” ujarnya singkat.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah pemerhati merasa prihatin dengan gonjang-ganjijngnya permasalahan di internal lembaga legislatif tersebut. Kasus diksi limbah berlarut dan menyedot pertarungan politik yang cukup keras, sehingga melupakan nasib rakyat Kuningan.

“Ini bukan persoalan pelengseran Nuzul Rachdy-nya, tapi persoalan masyarakat Kuningan. Coba berfikir sejenak jika saat ini seharusnya sudah memasuki tahapan pembahasan APBD 2021, tapi internal DPRD sendiri masih disibukan dengan urusan pertarungan politik dan melupakan nasib Kuningan di tahun 2021,” papar Manaf, salah seorang pemerhati politik yang juga pensiunan ASN.

Kalau hal tersebut tidak segera diselesaikan, dan PLt Ketua DPRD pun ternyata dianggap ‘invalid’ karena tidak memenuhi prosedur hukum penentuan PLt, maka akan terjadi kekosongan hukum atas siapa yang memimpin DPRD. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Bersama Hujan Yang Selalu Datang Dipenghujung Sore

KUPANDANG dedaunan di dahan tinggi menjulang, hijau cerah daun hendak berbuah, putik mulai…