MEMBACA memang bisa menjadikan seseorang jadi berilmu dan berwawasan, bahkan bisa melatih seseorang untuk terus berkarya dalam menulis. Apakah Anda salah seorang yang tertantang untuk pandai menulis?, Jangan lupa banyak membaca ya.

Seperti sosok Nita Juanita (38), perempuan kelahiran Bandung, 9 Juli 1982 ini adalah perempuan muda yang memiliki segudang prestasi ‘menulis’. Karya-karya indah tangan lentiknya yang dituangkan dalam kertas ternyata sudah banyak diterbitkan.

Simak yuk Sahabat Kartini cerita Nita saat berbincang dengan http://kartinikuningan.net. Ternyata itu semua berawal dari kegemarannya membaca karya penulis besar Gol A Gong yang telah membesarkan tokoh “ Balada Si Roy” yang kini sedang proses pembuatan film layar lebarnya.

“Dari buku Gol A Gong, Saya merasa termotivasi untuk menuangkan hobi Saya. Saya mencoba menuangkannya dalam catatan-catatan kecil di buku harian. Ternyata, lama kelamaan asyik juga, ” ungkap ASN yang bertugas di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan ini.

Tidak berhenti sampai pada buku harian saja, perempuan yang hobi mendengarkan musik dan bersepeda ini ternyata terus mengasah imajinasinya supaya bisa benar-benar mengeluarkan karya besar.

Ternyata terbukti, dari hobinya membaca buku karya Gol A Gong, berhasil membawanya melancong ke negara tetangga, Singapura, dan membuahkan karya pertamanya dalam Catatan Perjalaanan bersama Gong Travelling, “Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri Singa”.

Antologi-Antologi

Masih ada lagi Sahabat Kartini. Antologi Esai, Kuningan Bercahaya (Belajar Membaca Sepanjang Hayat), Kumpulan Cerpen, Dhona, kategori penulis dengan karya terbaik dari Sekolah Menulis Online Mitra Karya.

Antologi puisi Genangan Kenangan, Antologi Puisi Atma Ragunan, Antologi puisi Jejak Langkah Pertama, Antologi Esai Guru Menulis, Praktik Baik Gerakan Literasi Sekolah, Antologi Selengkung Bulan Sehimpun Sonian, Untuk Anakku Kumpulan Cerita Anak Penumbuh Budi Pekerti.

Antara Sastra dan Sains Antologi Haiku, Sehimpun Asyik Akrostik Asmaraloka, Bertualang ke Negeri Satwa, Kumpulan Dongen Fabel, Cerita Rakyat Jejak Cerita Dari Penjuru Indonesia, Cerita Anaka Wow, Mudik itu Asyik !, Cerita Anak Ensiklopedia Transportasi Dunia, Kisah Insfiratif Pelangi Jiwa, dan Friendship Stories Persahabatan Sejati.

“Yang penting kita tidak bosan untuk terus belajar menulis, dan membaca. Jangan ada kata menyerah, dan saat ada kritikan itu adalah untuk membangun, karena tidak ada karya yang bagus tanpa kritikan, terpaan dan pengalaman. Satu lagi saya kutip dari Gol A Gong, ‘Menulislah terus hingga tulisanmu sendiri yang akan menemukan pembacanya’ ,”ujar ibu dari Rizqi Alya Afiyah dan Bilqis Rayya Afiyah, itu.

Walhasil beberapa pembaca setia tulisannya selalu memberi dukungan semangat serta menunggu setiap tulisan-tulisan karya Nita berikutnya. Keramahan dan semangat menulisnya ia tularkan pada sahabat-sahabatnya, tak sungkan Nita meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dalam belajar menulis pada yang lain.

Ia mulai sering diminta untuk menjadi nara sumber pada kelas menulis online. Keinginannya berbagi ilmu serta memotivasi yang lain untuk berkarya sungguh mulia. Semoga apa yang dicita-citakan Nita Juanita tercapai, amin. Perempuan Bisa ! (Vera)**

Facebook Comments

Check Also

Akibat Pandemi Covid-19, Kondisi Perekonomian Kuningan Mengalami Tekanan Hebat

KARTINI – Kondisi perekonomian di Kabupaten Kuningan akibat Pandemi Covid-19 mengala…