KARTINI – Peredaran narkotika di Kabupaten Kuningan semakin merajalela, dan lagi-lagi ada perempuan diantara mereka sebagai pelakunya.

Polres Kuningan pada awal September, berhasil mengungkap kasus Narkoba Jenis Sabu sebanyak 2 kasus, dengan Jumlah Tersangka 4 orang (3 Laki-Laki, dan 1 Perempuan) dengan barang bukti Sabu sebanyak 9,46 gram.

Kapolres Kuningan AKBP, Lukman Syafri Dandel Malik, S.IK, dalam konferensi Pers, Rabu (30)9/2020) memaparkan, ke-4 tersangka tersebut adalah YH (26 th), Mahasiswa, Warga Kec. Lebakwangi, dan YR (35 th), Karyawan Swasta, Kec. Talun Cirebon, dengan tempat kejadian perkara Di rumah Tersangka YH.

Koronologis bahwa Pada hari Selasa tanggal 08 September 2020, sekira pukul 19.45 wib, bertempat di sebuah rumah yang beralamat di Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan, telah terjadi tindak pidana penyalahgunaan Narkotika jenis sabu-sabu yang dilakukan oleh Tersangka Y.H. dan Y.R.

“Pada saat dilakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap kedua tersangka, tersangka Y.H. didapati telah menyimpan, memiliki, dan menguasai 7 paket Narkotika jenis sabu-sabu terbungkus plastik bening warna putih yang disimpan di dalam saku celana sebelah kanan bagian depan yang dikenakannya,” papar Kapolres Lukman.

Sedangkan tersangka Y.R. didapati telah menyimpan, memiliki, dan menguasai 6 (enam) paket Narkotika jenis sabu-sabu terbungkus plastik bening warna putih yang tersimpan di dalam tas selempang warna hitam merk Tonga.

Dengan kejadian tersebut kedua Tersangka berikut barang bukti diamankan oleh petugas kepolisian Polres Kuningan guna penyidikan dan penyelidikan.

Barang Bukti yang berhasil diamankan diantaranya  7 (tujuh) paket Narkotika jenis sabu-sabu terbungkus plastik bening warna putih di dalam lakban warna hitam  dengan berat kotor 3,66 gram, 6 (enam) paket Narkotika jenis sabu-sabu terbungkus lakban warna hitam dengan berat kotor 5,36 gram, 1 (satu) unit HP merk OPPO type F9 warna biru hitam berikut kartu sim, dan alat hisap bong.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, bahwa tersangka diancam dengan Pasal 114 Ayat (2) jo Pasal 112 Ayat (2) jo Pasal 127 Ayat (1) Huruf a Undang-Undang N0. 35 tahun 2009 Tentang Narkotika.

Perempuan Itu Ditangkap Di Jalan

Sedangkan, pada tanggal 17 September tertangkap tersangka RH (28 th), Karyawan Swasta, Warga Kec. Kramatmulya Kuningan, dan TR alias E (43 th), perempuan, Wiraswasta, Warga Kec. Cigugur Kuningan,  dengan tempat kejadian perkara Di pinggir Jalan Raya Cigadung Kel. Cigadung Kec. Cigugur.

Ketika dilakukan penangkapan dan penggeledahan badan terhadap Tersangka R.H. di pinggir jalan Jl raya Cigadung, ditemukan satu paket Narkotika jenis sabu-sabu terbungkus plastik klip bening yang ditutupi lembar alumunium foil yang berada didalam lakban warna hitam.

Tersangka mengaku bahwa satu paket Narkotika jenis sabu-sabu tersebut dibeli secara patungan dengan Sdri. T.R. Als. E warga Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Atas kejadian tersebut kedua tersangka berikut barang bukti diamankan dan dibawa ke kantor Satuan Reserse Narkoba Polres Kuningan untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Para tersangka diancam dengan Pasal 112 Ayat (1) Undang-Undang jo Pasal 127 Ayat (1) Huruf a No. 35 tahun 2009 Tentang Narkotika.

Dalam hal perbuatan menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan, atau menerima Narkotika Golongan I sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang dalam bentuk tanaman beratnya melebihi 1 (satu) kilogram atau melebihi 5 (lima) batang pohon atau dalam bentuk bukan tanaman beratnya 5 (lima) gram, pelaku dipidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga).

Pasal 112 Ayat (1), Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp 8.000.000.000,00 (delapan miliar rupiah). (kh)***

Facebook Comments

Check Also

KKI Neduci Cetak Kader Penulis Handal

KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebr…