KARTINI – Produk-produk unggulan desa di wilayah Kabupaten Kuningan diberi kesempatan untuk ikut bersaing melalui pemasaran digital dan dipamerkan pula oleh mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku).

“Alhamdulillah kita panjatkan puji dan syukur bahwa Universitas Kuningan dapat menyelenggarakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat berupa KKN UNIKU EXPO 2020 dengan tema Pemberdayaan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 melalui Digitalisasi Produk Unggulan. Kegiatan ini adalah sebagai acara puncak dari pelaksanaan KKN yang telah dilaksanakan selama 1 bulan,” ujar Oding Syafrudin, S.Si., M.M. selaku Kepala LPPM Uniku dalam laporan pembukaan KKN UNIKU Expo, Kamis (3/9/2020).

Pameran yang secara resmi dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kuningan, Dr. Deni Hamdani, tersebut memamerkan berbagai produk unggulan desa. Diikuti 61 kelompok KKN yang tersebar di 20 Kecamatan dan 61 Desa di Kabupaten Kuningan.

Lebih jauh, Oding berharap KKN UNIKU EXPO 2020 dapat menjadi ajang promosi potensi desa dan memunculkan karya-karya yang kreatif dan inovatif.

“Sesuai dengan tujuan diadakannya kegiatan KKN UNIKU EXPO 2020, yaitu menjadi media promosi tentang potensi desa, alternatif potensi desa, dan hasil karya kelompok peserta KKN yang merupakan realisasi One Village One Company (OVOC), dan juga menjadi media komunikasi dengan pihak pemerintah, masyarakat, investor, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan dengan pemetaan potensi desa, kami berharap KKN UNIKU EXPO 2020 dapat menjadi ajang promosi potensi desa dan dapat memunculkan karya-karya yang kreatif dan inovatif hasil penerapan Iptek di masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Uniku, Dr. H. Dikdik Harjadi, mengatakan, KKN Uniku tahun ini merupakan kelanjutan dari KKN tahun sebelumnya yaitu KKN Tematik Kewirausahaan.

“Dengan adanya Pandemi Covid-19, KKN Uniku tahun 2020 tidak diselenggarakan seperti biasanya. Tahun ini, KKN dilaksanakan dengan memadukan antara online dan juga offline. Sama halnya dengan KKN UNIKU EXPO 2020 ini yang mana ada 2 bentuk pameran, pameran online yang digelar 1-7 September 2020 melalui website dan pameran offline yang digelar 3 September 2020 bertempat di Student Center Iman Hidayat Uniku. Sebetulnya, kegiatan KKN Uniku tahun 2020 ini merupakan tahun kedua dimana Universitas Kuningan bekerja sama dengan USAID untuk melaksanakan KKN Tematik Kewirausahaan,” ujar Dikdik.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan, Drs. Uri Syam, dalam sambutannya menyampaikan pihaknya menyambut baik kelanjutan pelaksanaan KKN yang berusaha memberdayakan masyarakat desa.

“Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan sebagai badan penyelenggara Universitas Kuningan sangat menyambut baik atas kelanjutan pelaksanaan KKN Tematik tahun sebelumnya yang mengusung tema kewirausahaan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dengan mengembangkan produk-produk unggulan di desa lokasi KKN. Hari ini, produk unggulan yang telah dikembangkan oleh mahasiswa bersama masyarakat desa setempat dipamerkan kepada seluruh mahasiswa dan civitas akademika Universitas Kuningan baik secara online maupun offline,” ungkapnya.

Dalam sambutan Bupati Kuningan yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kuningan, Dr. Deni Hamdani, mengatakan kegiatan KKN Tematik Kewirausahaan menunjukkan kepedulian Uniku terhadap pengembangan dunia usaha di Kabupaten Kuningan.

“Kegiatan KKN Tematik Kewirausaaan ini membuktikan besarnya perhatian, penghargaan, penghayatan, dan kecintaan mahasiswa dan civitas akademi Uniku terhadap masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengembangan dunia usaha di Kabupaten Kuningan,” ujarnya. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Bersama Hujan Yang Selalu Datang Dipenghujung Sore

KUPANDANG dedaunan di dahan tinggi menjulang, hijau cerah daun hendak berbuah, putik mulai…