KARTINI – Nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki desa di Kabupaten Kuningan bisa dijadikan sebagai daya tarik wisata sehingga menjadi satu misi dengan tujuan pembangunan daerah.

“Kuningan memiliki potensi luar biasa, saya selaku Ketua Kompepar Kabupaten Kuningan ingin mencoba menjembatani segala potensi daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Kuningan, salah satunya potensi kearifan lokal yang dimiliki Kuningan bisa dijadikan magnet wisata,” ujar Ketua Kompepar Kuningan, H.Maryoto, saat mendampingi Bupati Kuningan,  H. Acep Purnama, mengunjungi ekspose potensi wisata Daya Tarik Wisata Pasir Batang Desa Karangsari Kecamatan Darma, belum lama ini.

H. Maryoto mencontohkan potensi yang ada Pasir Batang, ada dua kawasan yang tidak bisa dipisahkan. Satu kawasan TNGC dengan nuansa indah rindang dan masih lestari dengan pepohonan pinus, kawasan kedua lahan milik masyarakat Desa Karangsari, core bisnis pasir batang adalah dengan budidaya kopi.

“Desa Karangsari ini memiliki 3 jenis Kopi yaitu Robusta, Arabica, dan yang terakhir Liberica yang memiliki potensi sangat luar biasa,” katanya.

Menurut Ketua Kompepar Kabupaten Kuningan yang juga menjabat sebagai Sekdis Lingkungan Hidup ini, ada dua pendekatan yang akan dilakukan untuk membangun sebuah daya tarik wisata, yang pertama pendekatan penguatan kelembagaan.

“Saya mencoba mengadakan pembinaan, trainer terhadap para pengelola obyek wisata yang ada di Kabupaten Kuningan agar dapat mengelola dengan benar sesuai manajemen yang baik, dan yang kedua kita akan mencoba pendekatan melalui kondisi wilayah, kami akan mencoba membantu memfasilitasi perencanaan pembuatan desain” ujar H.Maryoto.

Dirinya berharap setiap daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Kuningan ini, punya core bisnis dan punya daya tarik yang berbeda satu sama lain, karena inilah yang akan menjadi unggulan masing-masing daya tarik wisata

“Ini menjadi komitmen kami selaku pengurus Kompepar Kabupaten Kuningan, Insya Allah kami akan berjenjang secara maraton akan mengadakan pembinaan manajemen kelembagaan maupun desain potensi yang ada di masing-masing daya tarik wisata,” pungkasnya. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Menu Hemat Saat Uang Belanja Nyaris Tamat

KARTINI – Tanggal tua biasanya memang isi dompet sudah mulai menipis, apalagi ditamb…