KARTINI – Kanker payudara merupakan satu dari beberapa penyakit mengerikan yang bisa menyerang perempuan. Data Global Cancer Observatory 2018 dari World Healt Organization (WHO) Indonseia terdata memiliki penderita kanker payudara tertinggi yaitu 58.256 kasus atau16,7% dari total 348.809 kasus kanker.

Salah satu faktor terpenting dalam perawatan payudara sehat yaitu penggunaan bra.  Ada beberapa tips memilih bra yang tepat :

1.   Gunakan bra yang yang tidak mebuat sulit pernapasan atau sesak karena ukuran yang sempit. Dengan meletakan kedua jari telunjuk dan tengah dicelah bra tepat didepan dada, jika masih ada celah untuk kedua jari tersebut berarti bra pas dengan ukuran lingkar dada bawah anda.jika bagian belakang bra terus naik keatas dan selalu harus menarik tali pada bahu sepanjang hari , artinya pita pengait bra anda terlalu longgar. Dan anda bisa memilih bra satu ukuran dibawahnya.

2.  Memilih bra yang cup-nya berbentuk harus mengisi dengan pas, jangan sampai terdapat lipatan payudara yang sesak tumpah keluar, dan jangan pula terdapat ruang dicup tersebut.

3.   Ukuran bra yang pas juga memberikan ruang gerak untuk tangan dengan leluasa.jika saat menggerakkan tangan tali bra sering turun maka pilihlah turunkan ukuran bra satu ukuran dibawahnya hingga saat dikenakkan terasa nyaman tanpa khawatir tali bra turun.

4.   Ciri lain memilih bra yang tepat yaitu tidak adanya lipatan lemak pad sisi-sisi bra, jika masih terdapat lipatan lemak yang keluar dari kedua sisi bra itu artinya bra yang anda pakai terlalu kecil ukurannya.

5.  Gunakan T-Shirt saat membeli bra untuk memastikan bentuk bra ukuran yang tepat atau tidak.

Macam-macam tipe bra yang perlu diketahui :

1.  Maternity bra/nursing bra (bra khusus menyusui), didesain untuk mempermudah ibu saat masa menyusui, dengan posisi cup yang mudah mudah dibuka tepat dibagian puting.

2.  Sport bra digunakan untuk mereka yang suka berolah raga, karena bra jenis ini didesain tanpa menggunakan kawat penyangga untuk memberikan kenyamanan pada pengguna saat berolahraga.

3.  Untuk ukuran payudara kecil bisa menggunakan bra jenis Bandeau bra. Yang terbuat dari bahan elastis dan tidak memiliki pita pengait dibelakang, anda cukup memasukannya dari kepala.

4.  Gunakan bra tipe Balconette bra (demi cup-bra) cirinya adalah cup yang rendah biasa digunakan saat mengenakan busana dengan belahan dada rendah.

5.  Bra tipe Contour cup bra dibuat dengan mesin agar bentuk cup pas sesuai bentuk payudara. Bahan terbuat dari kain dan dilengkapi busa tipis sehingga nyaman dipakai, dan beberapa tipe bra lainnya seperti convertible bra dengan tali bahu yang bisa dikaitkan dileher atau dikait silangkan.  

Untuk ukuran payudara yang besar sebaiknya gunakan full cup bra yang memiliki tali bahu dengan ukuran lebar dan ada juga Mastectomy bra yang digunakan oleh pasien pemulih pasca operasi pengangkatan payudara, dan beberap tipe bra lainnya.

Kenali Type Payudara Anda

Untuk bisa menggunakan bra yang tepat agar tetap menjaga kesehataan payudara, terlebih dahulu kita harus mengetahui berbagai tipe bentuk payudara yaitu : payudara bulat dengan bagian atas dan bawah penuh, payudara slender sedikit lebar bagian atas kemudian menyempit pada bagian bawah,payudara tear drop lebih banyak lekukan disamping, tipe payudara side set adanya jarak pada belahan payudara, arah puting sedikit lebih maju.

Payudara dengan tipe timur barat memiliki bentuk landai dari atas ke bawah, sisi puting menunjukkan arah yang berlawanan. Sedang payudara asimetris lbih besar ukuran dibanding yang lain, sedang payudara dengan bentuk lonceng, payudara ini dengan ukuran penuh dibagian bawah dan sempit dibagian atas.

Adapun cara mengetahui ukuran payudara agar mengenakan bra yang tepat dengan mengukur lingkar rusuk tepat dibawah payudara kemudian mengukur lingkar dada yng melewati puting anda.

Sebagai contoh ukuran 32 berarti ukuran rusuk 70 cm, sedangkan ukuran lingkar dada : 32AA : 83 cm, 32A : 85 cm, 32C : 88 cm, 32 D : 90 cm. Nah keluarga Kartini mari cegah kangker payudara semakin meningkat dengan menggunakan bra yang sehat dan tepat. (Vera dari berbagai sumber)**

Facebook Comments

Check Also

KKI Neduci Cetak Kader Penulis Handal

KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebr…