Daun Hijau Ternyata Bisa Optimalkan Fungsi Otak

22,5 Hektar Aset TNI di Kuningan Akan Disulap Menjadi Lahan Ketahanan Pangan
August 25, 2020
Hj.Tina Ajak Masyarakat Mempertahankan Karakteristik Indonesia Yang Majemuk
August 26, 2020

Daun Hijau Ternyata Bisa Optimalkan Fungsi Otak

KARTINI – Bayam, kangkung, sawi, brokoli, pok coy tentu sudah sangat familiar ditelinga kita, tapi adakah yang tahu kandungan yang terdapat dalam sayuran berwarna hijau (klorofil) ?.

Berdasarkan survey, menunjukkan anak-anak dan remaja sekarang sangat sedikit yang suka makan sayuran. Mereka lebih tertarik pada makanan siap saji atau “ Junk Food” seperti Fried chiken, kentang goreng, dan sejenisnya.

Ternyata dari hasil resume yang diperoleh http://kartinikuningan.net, kandungan serat yang tinggi, kaya akan vitamin dan mineral. Sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Mengurangi resiko sembelit atau kesulitan buang air besar.  Sayuran hijau relatif murah harganya serta mudah cara menanamnya dalam berbagai media tanam.

Selain itu tinggi serat yang terkandung dalam sayuran hijau akan membuat rasa kenyang lebih lama baik untuk mereka yang takut gemuk sekaligus salah satu tips diet sehat yakni perbanyak makan sayuran.

Anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi dan folat dalam tubuh dapat dicegah dengan perbanyak konsumsi sayuran hijau, kandungan zat besi dalam sayuran hijau membantu menjaga hemoglobin dalam darah tetap terkontrol.

Selain itu sayuran hijau juga mengandung sulfur dan anti oksidan sangat baik dalam detoksifikasi tubuh. Sayuran jenis ini juga sangat baik dalam penyerapan karbondioksida yang dikeluarkan oleh limbah tubuh kita.

Vitamin K dan vitamin C serta beta karoten secara khusus melindungi saluran koroner mata dan memberikan perlindungan terhadap pembentukan katarak dan glukoma. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau juga mampu mencegah manuka dan memperlambat perkembangan hingga meluas.

Sayuran hijau juga memiliki sifat anti kanker. Folat berperan dan produksi dan perbaikan DNA sehingga dapat mencegah pembentukan sel kanker akibat mutasi pada DNA. Selain itu kandungan vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Nutrisi ini memiliki sifat anti oksidan yang tinggi hingga membantu melindungi sel terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kandungan selenium yang terdapat pada sayuran hijau mampu meningkatkan respon kekebalan terhadap infeksi dengan merangsang produksi sel-T yang mengidentifikasi dan membunuh bakteri dan virus yang menyerang. Selain itu kandungan kolin dalam sayuran hijau membantu menyerap lemak dan mengurangi peradangan kronis.

Untuk mempertahankan struktur dan kekuatan tulang agar tetap baik dan kuat, dibutuhkan  Zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng dan vitamin K dan semua nutrisi tersebut terdapat dalam sayuran hijau. Zat besi dan seng memiliki peran penting dalam produksi dan pertumbuhan kolagen yang baik untuk persendian. Mengurangi resiko terserang penyakit rheumatoid arthritis. Kandungan antioksidan seperti vitamin A,C dan K mampu menangkal radikal bebas penyebab peradangan termasuk radang sendi.

Manfaat yang paling besar tentunya sayuran hijau mampu meningkatkan fungsi otak, karena kandungan folat yang besar mampu mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia, meningkankan konsentarasi dan mengoptimalkan fungsi otak.

Yuk memulai memperkenalkan sayuran pada keluarga dan mengajarkan pada mereka betapa enak dan kaya manfaatnya makanan sehat itu. Selain itu sayuran-sayuran hijau sangat mudah untuk ditanam dilahan terbatas sekalipun. Dengan menggunakan media botol bekas atau plastik bekas juga bisa, perawatan juga mudah. Namun biasakan untuk mencuci sayuran hijau sebelum dipotong-potong yah agar tidak mengurangi atau merusak kandungan nutrisi didalamnya.

Sebelum mengkonsumsi sayuran hijau rendam terlebih dahulu sayuran dalam air yang telah diberi 1 sendok makan garam selama kurang lebih 15 menit,air gram berfungsi untuk melarutkan pestisida yang mungkin masih menempel pada sayuran juga membunuh kuman dan bakteri. Kemudian bilaslah oleh air bersih baru potong-potong sayuran dan siap untuk dimasak. Mari hidup sehat dengan perbanyak makan sayur. (vera)**

Facebook Comments

Comments are closed.