Pandemi Tidak Menghalangi Warga Kuningan Sambut Kemeriahan Tahun Baru Islam

Cinta Tuhan Tiada Terbatas
August 20, 2020
Minat Gabung Pada Seminar Nasional? Segera Kirim Artikelnya
August 21, 2020

Pandemi Tidak Menghalangi Warga Kuningan Sambut Kemeriahan Tahun Baru Islam

KARTINI – Sejak dulu, antusias masyarakat Kuningan dalam menyambut pergantian Tahun Baru Islam cukup tinggi, dan banyak yang diperingati secara semarak.

Begitupula saat Pandemi Covid-19, yang bertepatan dengan peringatan 1442 H., tidak menjadi satu halangan untuk tetap merefleksikan diri dalam berbagai moment, seperti pawai obor, pengajian akbar dan kegiatan lainnya.

Terpantau di beberapa desa pada Rabu (20/8/2020), mengadakan arak-arakan pawai obor yang digelar oleh Desa Kutaraja, Kecamatan Maleber, selanjutnya pawai lampion di Desa Ancaran, Kecamatan Kuningan.

Warga Desa Ancaran, Ismi mengatakan kegiatan tahunan tersebut sudah menjadi tradisi dan budaya saat peringatan hari besar umat Islam.

Ismi mengungkapkan pawai obor tersebut di ikuti oleh kalangan anak – anak dan remaja. “Tidak lupa juga, orang dewasa pun ikut dalam kegiatan tadi. Ya, sekaligus untuk mengawal kegiatan ini,” katanya.

Disamping itu, kata dia, perayaan seperti ini sebagai media atau dakwah islam. “Selain itu juga, ini sebagai silaturahmi antar warga sekitar,” katanya.

Terpisah di Desa Ancaran Kecamatan Kuningan, Hendra mengatakan, kegiatan serupa ini sebagai pengahayatan dalam mengamalkan keyakinan bergama. “Muslim lingkungan kami memang sering lakukan budaya seperti ini,” katanya.

Selain itu, amaliyah dalam peningatan kualitas ibadah ghaira mahdoh pun di lakukan. “Ziarah kubur dan melakukan do’a kebersamaan untuk menghindari bala bencana,” katanya.

Begitu pula warga Kelurahan Ciiporang Kec. Kuningan melaksanakan pawai obor, dengan diringi delma hias. Warga Desa Bojong Kec.Kramatmulya pun menyambutnya dengan pawai obor, sholawat. Mereka nampak meriah dan mensyukuri masih bisa dipertemukan dengan Tahun Baru Islam. (dien)**

Facebook Comments

Comments are closed.