Oleh : Vera Verawati
KARTINI – Pramuka merupakan salah satu kegiatan pendidikan non-formal untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter pemuda bangsa. 

14 Agustus 2020 memasuki usia yang ke 59.  Pramuka kali ini memiliki tugas ekstra karena bertepatan dengan pandemi yang sangat luas efek di seluruh sendi kehidupan. Tidak saja merusak tatanan perekonomian bangsa namun juga moralitas anak bangsa itu sendiri ikut menurun. Masih konsistenkah Pramuka kita saat ini dengan menunaikan apa yang menjadi sumpahnya ?

Tri Satya  yang bearti tiga kesetiaan. Menjalankan kewajiban terhadap Tuhan yang Maha esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat dan menepati Dasa Darma.

Sejauh mana peran Pramuka dalam  membantu penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara. Bagian dari tujuan pramuka itu sendiri adalah pembentukan karakter pemuda dengan membekali berbagai kemampuan. Pramuka yang digagas oleh Baden Powell yang menginsfirasi dunia melalui bukunya berjudul Scouting for Boys hingga memasuki Hindia Belanda ( Indonesia ). Menjadi cikal bakal berdirinya organisasi kepanduan.

Bermunculannya organisasi kepanduan serupa Jong Java Padvenderi ( JJP ),  Hizbul Wathon, Sarekat Islam Padvenderi (SIAP) sampai akhirnya sesudah revolusi kemerdekaan tercatat hingga 70 organisasi kepanduan. Presiden Soekarno yang mempunyai perhatian besar pada pramuka diberi gelar Pramuka Agung. Seiring perputaran zaman Pramuka saat ini dituntut menguasai seluruh aspek penunjang. Tidak saja hanya menguasai sandi morse, atau ilmu tali temali, melainkan menguasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Anggota pramuka yang tersebar diseluruh pelosok negeri dengan pembekalan yang konsisten tentu akan sangat membantu kestabilan dan kondusifitas negeri bahkan mampu menjaga keharmonisan bernegara. Terlihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka.

Dimasa pandemi kita juga menyaksikan peranan Pramuka terjun langsung membantu korban pandemi baik pemberian bantuan maupun pendekatan  secara verbal kepada masyarakat. Kita butuh Pramuka yang sejatinya Pramuka hidup atas darma dan ketaatan pada Tri Satya.

Mari dukung kemajuan Pramuka Indonesia dengan menjadikan generasi kita lebih baik berlandas Pancasila dan Dasa Darma dengan Beriman, Bertakwa, Berakhlak mulia, Berjiwa Patriotik, Taat Hukum, Disiplin serta menjunjung tinggi nila-nilai luhur bangsa, dan mengamalkan Pancasila serta menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Salam Pramuka

Kuningan, 14 Agustus 2020

Facebook Comments

Check Also

Bersama Hujan Yang Selalu Datang Dipenghujung Sore

KUPANDANG dedaunan di dahan tinggi menjulang, hijau cerah daun hendak berbuah, putik mulai…