KARTINI – Kunyit atau kunir (curcuma longa) adalah salah satu obat herbal yang sering digunakan sejak zaman dulu. Sayangnya anak muda sekarang hampir melupakannya.

Padahal jika tahu akan manfaat kunyit, tubuh kita setidaknya tidak banyak tercampur dengan bahan kimia lho, Sahabat Kartini. Karena memang, dari kunyit tersebut baik sekali untuk kesehatan tubuh kita. Simak yuk, khasiatnya.

Kandungan yang terdapat pada kunyit yaitu kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, zat pahit, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, Vitamin C, Antioksidan, garam-garam mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium) dan minyak atsiri ( Keton sesquiterpen, zingiberen 25%,turmeron,felandren tumeon 60%, sabinen, borneol dan sineil)

Anti Radang

Kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi efek anti radang poten. Satu kunyit sebesar  ibu jari orang dewasa diperkirakan mengandung 200 miligram kurkumin.

Zat aktif yang terkandung didalamnya mampu menghentikan kerja enzim dan sitokin yang menyebabkan inflasi dalam tubuh. Kandungan tersebut mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi kortison pada kelenjar adrenal kita.

Berbagai hasil study telah membuktikan kunyit mampu mengobati : kanker, diabetes, radang pada sendi, penyakit kardiovaskular, aterosklerosis dan sindrom koroner akut.

Mengurangi Nyeri Haid

Sering kita dianjurkan orang tua saat perempuan mengalami nyeri haid mereka akan dianjurkan untuk meminum air kunyit, ternyata kandungan kurkumin yang tinggi pada kunyit dapat melemaskan kontraksi pada rahim sehingga menyebabkan keram pada perut.

Selain itu kunyit juga mampu membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pad sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya nyeri saat haid.

Mencegah Infeksi

Mengkonsumsi kunyt secara rutin mampu melawan infeksi pada tubuh. Terutama kandungan yang terdapat pada kunyit putih dapat melawan berkembangnya jamur dan bakteri pada tubuh. Mengatasi keracunan makanan, infeksi kulit, infeksi jamur penyebab sariaan, dan juga infeksi jamur pada area kewanitaan.

Juga mampu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.  Diet sederhana dengan rutin mengkonsumsi kunyit asam bermanfaat untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal, serta menurunkan berat badan jika diimbangi dengan olah raga rutin.

Mengatasi Sakit Lambung Dan Maag

Banyaknya penderita maag yang telah ketergantungan pada obat pereda nyeri lambung, sedianya bisa mencoba pengobatan paling mudah yakni dengan rutin minum air kunyit setiap pagi saat perut masih kosong mampu mengatasi nyeri lambung dan maag.

Selain itu kunyit juga terbukti mampu mencegah kerusakan pada hati dan menstabilkan kadar gula dalam darah. Selain itu dapat meningkatkan insulin dan membuat penderita gejala diabetes lebih mudah ditangani.

Mari mengkonsumsi minuman sehat yang terbuat dari rempah dan aneka rimpang yang bermanfaat bagi tubuh. Selain bermanfaat juga lebih hemat dengan menanam sendiri dipekarngan. (vera)**

Facebook Comments

Check Also

Bersama Hujan Yang Selalu Datang Dipenghujung Sore

KUPANDANG dedaunan di dahan tinggi menjulang, hijau cerah daun hendak berbuah, putik mulai…