KARTINI – Sekalipun Kabupaten Kuningan tidak akan menyelenggarakan Pilkada Serentak pada Desember 2020, akan tetapi kegiatan pendidikan pemilih tetap dilakukan oleh KPU Kuningan.

Hasilnya, KPU Provinsi Jawa Barat mengganjar penghargaan kepada KPU Kuningan yang fokus melaksanakan pendidikan pemilih, baik dengan memanfaatkan teknologi digital, model diskusi daring, media social, maupun dengan aksi nyata penanganan COVID 19.

Ada 7 kategori penghargaan yang diberikan kepada KPU Kabupaten/ Kota baik yang melaksanakan pilkada atau yang non pilkada.

“Alhamdulilah KPU Kabupaten Kuningan mendapatkan penghargaan terbaik Pertama non Penyelenggara Pemilihan serentak 2020 kategori Kelas Daring Terbanyak dalam pencegahan Penyebaran COVID 19,” ujar Dudung Abdu Salam, Divisi SDM dan Sosdiklih Parmas KPU Kuningan kepada http://kartinikuningan.net , Senin (27/7/2020).

Dijelaskan Dudung, Penghargaan tersebut berdasarkan surat keputusan KPU RI nomor 301/PP.06-SD/06/KPU/04/2020. Diberikan Ketua KPU Jabar, Rifki Ali Mubarok kepada  Divisi Sosdikli didampingi Kasubag Tekhnis dan Hupmas, Jajang Jamaludin, pada agenda rapat koordinasi pendidikan pemilih berkelanjutan dan hubungan kelembagaan yang di laksanakan diaula KPU Provinsi jawa Barat, (Rabu.22/072020).

“Tentu ini berkat kerjasama semua pihak dan tentunya menjadi semangat untuk kami agar terus bekerja lebih baik lagi,” kata Dudung.

Tantangan Di Era Paska Kebenaran

Dihadapan peserta dari 27 kabupaten/kota se-Jabar, Ketua KPU jabar, Rifki Ali Mubarok menyampaikan bahwa anggota KPU harus tetap melaksanakan pendidikan pemilih, terutama yang akan melaksanakan pilkada maupun yang tidak sedang melaksanakan pemilihan. Pendidikan pemilih ini dilakukan agar dapat meningkatkan indeks demokrasi di jawa barat.

Sementara itu, Komisioner Jabar Divisi Sosdiklih Parmas, Idham Kholik menyampaikan tantangan pendidikan pemilih di era pasca kebenaran (post thruth). “Ini ditandai dengan banyaknya berita bohong, apatisme politik, sinisme politik dan golput. Hal ini sangat berdampak pada kualitas demokrasi di Indonesia,” terangnya. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Naiklah Tinggi Tanpa Menjatuhkan…….

“Naiklah tinggi tanpa menjatuhkan teman mu, bahagialah tanpa menyakiti teman mu̶…