KARTINI – Madu telah dikenal sejak jaman nabi sebagai minuman yang kaya akan manfaat, dan Nabi Muhammad pun tidak pernah lepas mengkonsumsinya.

Sahabat Kartini tentu sering mengkonsumsi, sekalipun tidak setiap hari. Terkadang, kita juga terbuai dengan harga madu yang murah, padahal belum tentu asli tidaknya.

Sebelum tahu tips memilih madu asli, ada baiknya kita mengenal dulu madu dan jenisnya.

Menurut salah seorang praktis dan juga owner madu ‘Matakabita’, Slamet Riyanto kepada http://kartinikuningan.net, Minggu (26/7/2020), madu banyak macamnya, sesuai dengan lebah yang menghasilkannya, diantaranya lebah nyiruan, lebah odeng, dan lebah klanceng.

Lebah nyiruan selain diperoleh dari alam liar juga bisa dibudidayakan oleh para peternak lebah. Sedangkan lebah odeng, jarang sekali orang untuk membudidayakannya. Odeng lebih banyak didapat dari hutan-hutan belantara.

Lain lagi dengan klanceng (Sunda: teuweul), lebah ini tidak memiliki sengat dan ukuranya sebesar lalat. Harga madu klanceng relatif lebih mahal daripada madu jenis lainnya.

“Sekarang memang kesadaran masyarakat akan manfaat madu bagi kesehatan makin tinggi, sehingga sudah banyak yang menjadikan madu sebagai lahan bisnis,” papar Slamet.

Bagi Anda konsumen madu, sebaiknya selektif dalam memilih madu. Karena tidak jarang ada penjual madu yang “nakal”. Madu yang dijual seringkali sudah dicampur dengan bahan-bahan lainnya dengan tujuan memperbanyak volume untuk dijual.

Menurutnya, ada satu hal yang perlu menjadi perhatian, yaitu, madu asli tidak memiliki konsistensi yang mutlak, terutama madu hutan yang langsung diambil dari hutan.

“Hal ini dikarenakan alam liar tidak selalu sama kondisinya setiap saat. Sehingga madu yang dihasilkan pun relatif tidak konsisten baik dari segi warna maupun rasa,” tuturnya.

Lalu apa si tipsnya supaya madu yang Anda cari tersebut, benar-benar asli. Kepada Sahabat Kartini, Slamet memberikan beberapa tips, diantaranya.

Pertama, kenali dulu track record penjual madu. Alangkah baiknya kalau memang sudah sangat kenal (teman).

Kedua, minta rekomendasi dari orang lain yang Anda percaya yang sudah pernah membeli madu dari yang bersangkutan.

Penasaran dan berminat?, Coba hubungi 081314714313. #SalamLestariMaduHutan. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Akibat Pandemi Covid-19, Kondisi Perekonomian Kuningan Mengalami Tekanan Hebat

KARTINI – Kondisi perekonomian di Kabupaten Kuningan akibat Pandemi Covid-19 mengala…