KARTINI – Buah yang terlihat sederhana dan begitu mudah ditemui namun terkadang dianggap tidak berarti apa-apa ini ternyata sangat kaya manfaat.

Nah Keluarga Kartini, yuk kita simak apa saja sih manfaat pisang ini. Buah pisang ini dari ujung daun hingga ujung akar memiliki banyak sekali manfaat yang sebagian orang masih banyak yang belum mengetahuinya.

Kaya Vitamin C

Buah pisang sangat baik untuk melancarkan pencernaan karena mengandung serat yang tinggi sehingga mempermudah dalam proses pencernaan makanan. Untuk mereka yang memiliki problem kesulitan BAB ( Buang Air Besar ) maka buah pisang bisa menjadi solusi sehat. Biasakan makan pisang dalam menu harian kita maka kita akan terbebas dari permasalahan kesulitan buang air besar yang berisiko menimbulkan penyakit sembelit.

Sumber Kalium

Kandungan kalium membantu menggantikan elektrolit yang hilang. Kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses sehingga membantu untuk penderita diare.

Selain itu buah pisang juga bisa menurunkan tekanan darah. American Heart Association (AHA) menganjurkan kepada para penderita hypertensi untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium salah satunya pisang guna menurunkan tekanan darah.

Karena kalium berfungsi menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dlam tubuh. Namun harus diimbangi dengan pola makan yang sehat yakni mengurangi makanan yang mengandung tinggi garam dan lemak.

Turunkan Resiko Stroke

Ternyata pisang juga bisa menurunkan risiko stroke. Terbukti pada sebuah penelitian karena kandungan kalium yang diskonsumsi secara rutin dapat menurunkan risiko stroke terutama untuk wanita usia lanjut atau pasca menopause.

Selain itu buah pisang juga berguna untuk meningkatkan stamina saat berolah raga. Terbukti dilapangan  bahwa minuman berstamina memiliki komposisi utama yakni buah pisang. Kandungan dalam pisang ini mampu mengganti elektrolit yang hilang karena mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B-6 alami.

Kaya Akan Magnesium

Magnesium tentu sangat penting untuk membentuk protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, produksi energi, serta mengendalikan gula dan tekanan darah. Resiko kekurangan magnesium yang diakibatkan oleh kebiasaan minum-minuman keras atau memiliki riwayat diabetes tipe 2, gangguan saluran cerna dan asupan makan yang kurangdapat menurunkan nafsu makan, menyebabkan mual-muntah, kesemutan bahkan risiko kejang, migrain, osteoporosis dan gangguan denyut jantung.

Namun dapat dikurangi resiko tersebut dengan rutin mengkonsumsi buah pisang. Dua buah pisang ukuran sedang mengandung 16% dari kebutuhan magnesium harian.

Sumber Mangan

Pisang juga merupakan sumber mangan yang baik. Mangan merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Mangan berfungsi menjaga metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan menyeimbangkan asam amino dalam tubuh. Selain itu juga mineral ini berfungsi dalam pertumbuhan tulang dan menyembuhkan luka.

Mangan diperkirakan dapat mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasik kehamilan, dan menurunkan risiko kematian yang diakibatkan serangan jantung. Dalam dua buah pisang ukuran sedang mengandung 30% kebutuhan mangan harian. Serat penting bagi tubuh kebutuhan serat pada pria dibawah 50 tahun sekitar 38 gram perhari dan 25 gram perhari pada perempuan.

Selain itu serta juga dapat membantu menurunkan berat badan  karena serat yang dikonsumsi dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, namun disayangkan masih kurangnya kesadaran akan pentingnya kebutuhan serat harian. Pisang juga tebukti meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung.

Buah pisang merupakan antasida alami yang berfungsi menetralkan asam lambung. Kandungan antioksidan, flavanoid bernama leucocyanidin yang terdapat dalam pisang juga membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

Sehat Untuk Kulit

Selain untuk kesehatan organ dalam ternyata buah pisang juga baik untuk kesehatan kulit. Karena kandungan vitamin C yang tinggi pada buah pisang sangat penting dalam pembentukan kolagen dan mencegah kerusakan akibat sinar UV.

Selain itu dapat juga mencegah timbulnya jerawat, meyerap minyak dan melembabkan kulit kering.  Cara mudah untuk mebuat masker wajah dari pisang sangat mudah.

Pilihlah buah pisang yang sudah sangat matang dan lembek. Lalu, tumbuk hingga menjadi adonan halus. Oleskan masker pisang pada kulit wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilaslah dengan air hingga bersih. Untuk menambahkan kelembaban dapat ditambahkan satu sendok teh madu atau greek yogurt polos.

Nah ada satu lagi manfaat buah pisang nih Keluarga Kartini ternyata buah pisang bisa mengurangi masalah morning sickness pada ibu hamil di trimester pertama kehamilan. Yuk konsumsi sayur dan buah. Dan mulai hidup sehat dengan makanan kaya serat.
Oleh : Vera Verawati

Facebook Comments

Check Also

KKI Neduci Cetak Kader Penulis Handal

KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebr…