KARTINI – Pemkab Kuningan kembali melakukan rapid tes virus Corona secara acak untuk masyarakat diseluruh kecamatan melalui mobil tes Covid-19.

Rapid massal melalui Mobil Satuan Unit Covid- 19 tes tersebut diikuti oleh seluruh petugas Puskesmas se-Kab Kuningan, digelar pada Apel Siaga, Selasa (21/7/2020), di Lapangan Upacara Setda.

“Ada sebanyak 1.500 rapid tes yang disebar serentak kepada seluruh masyarakat Kuningan secara acak. Ini dilakukan melalui satuan unit Covid-19 tes yang dimiliki oleh seluruh puskes di kecamatan-kecamatan,” ujar Bupati Kuningan H.Acep Purnama, selepas memimpin apel didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr.Hj.Susi Lusiyanti, dan Kepala BPBD Agus Mauludin.

Sedangkan tujuan dari rapid tes massal tersebut untuk mengetahui sejauh mana sebaran covid, dengan ditreking di 376 desa oleh 37 mobil Puskesmas. Hal itu akan dijadikan pijakan untuk Pemkab dalam mengambil langkah dan kebijakan kedepannya.

Sasaran masyarakat yang akan ditreking dilakukan secara acak, bisa tenaga kesehatan (nakes), tokoh masyarakat, pedagang, orang yang selalu pergi ke luar kota atau masyarakat lainnya.

Sedangkan jumlah masyarakat yang sudah dilakukan rapid tes sebanyak 10.774, dan tes swab 2.205. Dari kegiatan tersebut memang tidak menunjukan kasus positif yang signifikan.

Bupati Acep meminta kepada masyarakat supaya tetap waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan, karena sebaran virus masih belum bisa dikendalikan.

“Tolong kepada masyarakat jangan mengendorkan protokol kesehatan, karena wabah ini belum berakhir. Kita juga akan memberikan teguran atau sangsi bagi masyarakat yang bandel, tidak menggunakan masker atau kerumunan,” pintanya. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

Menu Hemat Saat Uang Belanja Nyaris Tamat

KARTINI – Tanggal tua biasanya memang isi dompet sudah mulai menipis, apalagi ditamb…