KARTINI – Ratusan warga Cisantana Kecamatan Cigugur Kuningan ikut mengawal Satpol PP dalam penyegelan Situs Batu Satangtung yang tidak berijin di Curug Goong Cisantana, Senin (20/7/2020).

Penyegelan tersebut berlangsung sekitar pukul 10.45 wib dipimpin Kabid Gakin Pol PP, Ujang Jaidin. Sebelum disegel, Ujang Jaidin menjelaskan kepada massa, jika penyegelan tersebut mengacu kepada Perda No. 13 tahun 2019 pasal 5 yang menyatakan, bahwa pembangunan situs/patung/tugu, dalam hal ini Batu Satangtung/tugu wajib memiliki IMB .

“Oleh karena dalam tahapan sosialisasi, Gumirat Barna Alam selaku penanggungjawab situs belum bisa membuktikan proses perijinan, maka skrang, Kami akan menyegelnya dengan garis line (police line-red),” ujar Ujang.

Karena hanya berpatokan prosedur perijinan, maka Satpol PP masih memberi kesempatan lagi untuk sgra memproses perijinan susuai undang-undang yang berlaku. Jika dalam tempo 14 hari ada itikad baik mengurus perijinan maka segel dibuka.

Akan tetapi jika melebihi batas 14 hari, penanggungjawab tidak mengurus perijinan, maka Satpol PP akan memberikan Surat Peringatan (SP) kepada penanggungjawab untuk membongkar sendiri bangunan menyerupai situs itu

“Waktu pemugarannya diberikan waktu 30 hari kalender, jika tidak bisa dipugar sendiri, maka kami akan membongkar paksa,” tandas Ujang.

Sementara itu, ratusan warga yang mendukung penyegelan oleh Pemkab, sebelum ke lokasi melakukan orasi di depan Balai Desa Cisantana. Koordinator Lapangan Samsul bersama Kepala Desa Ano Suratno, Ketua MUI, Didin, dan Ketua Aliansi Persaudaraan Islam Kuningan (APIK), Ustadz Andi, meminta warga supaya tertib dan meniatkan pengawalan penyegelan situs yang didirikan oleh penganut Kepercayaan itu sebagai ibadah.

“Natkan yang tulus, niatkan ibadah, jangan sampai perjuangan kita sejak Maret jangan sampai sia-sia. Semoga ini bisa meluruskan niat kita, semoga Alloh memberikan hidayah dan selamat dunia akhirat. Kita niatkan untuk menegakan amar ma’ruf nahi munkar dalam penyegelan Batu Satangtung ini,” ujar Ketua MUI, Didin. (kh)***

Facebook Comments

Check Also

KKI Neduci Cetak Kader Penulis Handal

KARTINI – Banyak cara untuk mengembangkan minat baca dan menulis, salah satunya gebr…