KARTINI – Memasuki tahun pendidikan baru 2020/2021, sejumlah sekolah di Kabupaten Kuningan melakukan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Salah satunya SMAN 3 Kuningan, yang menggelar MPLS berbasis online, melalui media sosial, youtube, zoom link dan sejenisnya.

“Pelaksanaan kegiatan ini tidak seluruh siswa mengikuti dalam MPLS tahun pendidikan sekarang,”ungkap Kepala SMAN 3 Kuningan Edy Riyadi, Senin (13/7/2020).

Sebelum melangsungkan kegiatan MPLS, kata dia, ada beberapa wali murid menyerahkan anak didik untuk mendapat pelayanan dalam kegiatan belajar mengajar di masa MPLS sekarang.

“Selain wali murid yang datang, kami juga mendapat kunjungan langsung dari Pak Bupati dan tadi, bupati sempat memantau kegiatan MPLS yang diikuti separo dari total peserta didik kelas 11, dari sebanyak 315 siswa, dari sembilan rombel (rombongan belajar, red),” tambah Edi.

Bentuk kegiatan MPLS, kata Edy, secara langsung dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat. Semua guru dan peserta didik ikut menyaksikannya secara online.

“Lanjut dari pembukaan tadi, kami mengenalkan lingkungan dan situasi sekolah melalui video yang ditampilkan melalui layar infokus dan untuk peserta didik di rumah itu bisa melalui online,”ujarnya.

Kegiatan MPLS tersebut dilakukan selama sepekan, dan usai MPLS berlangsung semua siswa menggelar KBM (kegiatan belajar mengajar, red) berbasis online, melalui aplikasi yang disediakan, bisa dari youtube maupun zoom meeting.

Alasan KBM berbasis online, kata Edy, sebab daerah Kuningan di masa Pandemi Covid19 ini berstatus zona biru.”Kemudian dari pemerintah juga belum dikeluarkan kebijakan soal bisanya KBM bertatap muka seperti biasa,” katanya.

Sebagai lembaga pendidikan berbasis kesehatan dan lingkungan, kata Edy, SMA Negeri 3 Kuningan pada tahun 2015 pernah menjadi juara kedua tingkat nasional. “Sebagai sekolah berbasis kesehatan dan lingkungan. Ini bisa dibuktikan dengan kelengkapan kesehatan di UKS (Usaha Kesehatan Siswa), seperti lingkungan dan fasilitas umum sekitar sekolah juga kantin berbasis sehat,” ujarnya.

Mengenai jumlah ekstra kurikuler atau kegiatan luar mata pelajar sekolah di SMA Negeri 3 Kuningan. “Kurang lebih ada 22 kegiatan, yang terdiri dari kelompok ilmiah pelajaran, olahraga, keterampilan dan banyak lagi,” katanya. (dien)**

Facebook Comments

Check Also

Misoa Chiken Soup with Dry Mushroom, Yummy!

MUSIM hujan belum juga usai, cuaca dingin menjadi familiar. Kondisi kesehatan juga harus l…