KARTINI – Jahe merah (zingiber officinale var rubrum) adalah tanaman dengan rimpang berwarna merah dan ukurannya lebih kecil dari jahe putih/kuning atau lebih dikenal dengan sebutan jahe badak.

Jahe memiiki rasa yang khas yaitu rasa pedas yang menghangatkan. Selain diketahui sebagai salah satu bumbu dapur tapi juga jahe dikenal sebagai salah satu obat tradisional.  Tentu berbeda jenisnya antara jahe putih/kuning (jahe badak ) dengan jahe merah. Jika jahe putih bisa dimanfaaatkan dirimpang muda dan tua. Sedang jahe merah hanya bisa digunakan setelah rimpang benar-benar tua dengan warna merah yang tegas.

Jahe merah yang sudah tua dan matang mengandung minyak atsiri yang lebih banyak kandungannya dari jahe putih/kuning. Itulah sebabnya jahe merah memiliki rasa yang lebih pedas. Popularitas jahe merah di dunia kesehatan sudah sangat jelas. Kita bisa melihat komposisi utama dari beberapa obat-obatan terdiri dari jenis rimpang ini terutama yang berfungsi sebagai obat saluran pernapasan semisal, mengencerkan dahak pada penderita batuk. 

Berdasarkan hasil penelitian jahe merah berguna untuk karminatif (peluruh kentut), anti peradangan, anti mikroba dan parasit (bahan untuk kosmetic atau obat penyakit kulit), antipiretik, antirematik, anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah serta pengeluaran getah lambung dan getah empedu.

Selain sebagai obat untuk saluran pernapasan ternyata jahe merah juga sangat baik untuk meningkatkan libido seseorang yang dibuktikan oleh Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, yang berhasil menciptakan minyak esensial yang bertindak sebagai afrodisiak dengan meningkatkan libido seseorang meski khasiatnya masih dibawah  pasak bumi.

Jahe merah sebagai antiradang karena kandungan yang terdapat dalam jahe merah diantaranya gingerol, gingerdione, dan zingeron yang menghambat prostaglandin yang merupakan mediator radang. Ternyata efek tersebut memiliki kesamaan fungsi dengan efek antiradang yang terkadung dalam asamefenamat dan ibu profen yang merupakan golongan obat antiradang (NSAIDs).

Selain beberapa fungsi diatas jahe merah juga terbukti mengatasi gejala osteoartritis. Seperti dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan Iran dan Amerika Serikat yang menjelaskan tentang jahe merah yang memiliki kesamaan efek dalam mengatasi gelaja osteoartritis termasuk rasa nyeri pada persendian diantaranya lutut karena tanaman ini memang bersifat anti radang.

Nah, selain itu, keluarga Kartini ternyata jahe merah juga bisa menjadi obat untuk meningkatkan kesuburan pria dengan mengkonsumsi jahe merah yang telah dikombinasi dengan suplemen yang mengandung zinc akan meningkatkan fungsi testis termasuk merangsang produksi sperma.

Air Jahe Pereda Mual Ibu Hamil

Dengan rutin minum air jahe merah juga bisa mengurangi rasa mual yang disebabkan oleh mabuk laut, pascaoperasi, maupun kemoterapi. Studi lain juga membuktikan air jahe merupakan pereda mual pada ibu hamil di trimester pertama kehamilan atau lebih dikenal dengan sebutan morning sickness. Namun demikian minuman jahe merah yang dikonsumsi ibu hamil harus berdasarkan sepengetahuan dokter ahli agar tidak melebihi dosis sehingga akan mengakibatkan bahaya bagi janin itu sendiri.

Adapun pengolahannya bisa dengan berbagai cara. Yang paling sederhana cukup dengan merebus jahe merah yang telah lebih dulu dicuci bersih minumlah dengan campuran gula batu atau gula aren lebih nikmat rasanya.

Untuk mendapatkan  jahe merah selain bisa dibeli dipasar tentu kita bisa menanamnya juga dengan  menggunkan media polibek untuk menanam atau memanfaatkan pekarangan yang ada. Jahe merah akan tumbuh dengan subur ditanah yang cukup cahaya matahari dan kesuburannya terjaga. Selain menguntungkan untuk kesehatan tubuh harga jahe merah yang tinggi bisa dijadikan pendapatan untuk keluarga. 

Keluarga Kartini yuk menanam jahe merah dan membudidayakannya serta  rutin meminumnya agar selalu terjaga kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh kita. (vera) **

Facebook Comments

Check Also

Kampung Dongeng Gelar Festival Hari Dongeng Nasional

KARTINI – Kebijakan untuk melonggarkan kegiatan di masyarakat, termasuk di lembaga p…